Rabu, 30 September 2015

Cara Memperbaiki Masalah Wi-Fi di iPhone atau iPad Setelah Update ke iOS 9


Masalah Wi-Fi atau data seluler terkadang jadi salah satu hal yang dikeluhkan oleh pengguna iOS, apalagi setelah mereka melakukan update ke versi iOS terbaru. Apabila saat ini kalian mengalami permasalah yang sama, tidak ada cara untuk memperbaikinya secara resmi dari Applenya tapi mimin punya beberapa tips yang mungkin dapat membantu kalian memperbaiki masalah Wi-Fi setelah update ke iOS 9. Mau tau? Yuk langsung di simak.

Restart Perangkat iOS, Router atau Modem

Seperti biasa, langkah pertama yang harus dilakukan ketika mengalami permasalahan apapun di iOS adalah melakukan reboot. Masih ngga bisa? Coba untuk reboot perangkat router Wi-Fi atau modem kalian.

Forget Wi-Fi Network

Jika reboot perangkat iOS, router Wi-Fi dan modem masih ngga bisa memperbaiki masalah. Coba kalian untuk "Forget Wi-Fi Network" (Jangan salah fokus, nanti jadi Forget About Ex.). Caranya adalah buka menu Settings > Wi-Fi. Kemudian tap pada "i" pada jaringan yang saat ini kalian gunakan kemudian pilih Forget Wi-Fi Network lalu pilih Continue untuk melanjutkan.

Selesai, sekarang coba lakukan reconnect ke jaringan Wi-Fi yang tadi sudah kalian 'lupakan' ya..

Reset Network Settings

Masih ngga bisa juga? Oke, coba lagi tips yang berikutnya. Sekarang kalian lakukan Reset Network Settings pada perangkat iOS kalian, resikonya kalian melakukan tips ini adalah kehilangan pengaturan Wi-Fi dan seluler, seperti nama jaringan yang tersimpan (Wi-Fi), password Wi-Fi, dan pengaturan VPN. Jika tidak apa-apa kalian sekarang dapat membuka menu Settings > General >  Reset. Kemudian pilih Reset Network Settings.

Aktifkan Wi-Fi Assist

Nah ini adalah salah satu fitur terbaru dari iOS 9. Fungsinya adalah akan melakukan switch secara otomatis ke data seluler apabila kualitas sinyal Wi-Fi yang saat ini sedang terhubung dengan perangkat iOS kalian buruk. Oke, sekarang coba untuk buka Settings > Cellular kemudian switch ke ON lalu ke OFF kembali Wi-Fi Assist.


Gunakan DNS Google atau Open DNS

Dalam beberapa situasi internet kalian lemot, padahal kualitas sinyal oke. Mungkin itu disebabkan DNS dari provider yang kalian gunakan saat ini terlalu sibuk menerima request untuk membuka sebuah situs. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kalian dapat menggunakan DNS milik Google atau Open DNS (Pilih salah satu aja).

Cara untuk mengganti DNS dari pengaturan Wi-Fi kalian adalah buka Settings > Wi-Fi kemudian tap pada "i" pada jaringan Wi-Fi yang terhubung dengan perangkat iOS kalian. Setelah itu pilih "i" lalu tap pada DNS kemudian isikan Primary dan Secondary DNS.

Google DNS : 8.8.8.8, 8 (Primary).8.4.4 (Secondary)
Open DNS : 208.67.222.123 (Primary) 208.67.220.123 (Secondary)

Nonaktifkan Location Services untuk Jaringan Wi-Fi

Beberapa pengguna ada yang memberikan opini kalo tips berikut dapat memperbaiki masalah Wi-Fi kalian loh. Gimana tuh min? Caranya adalah mematikan layanan lokasi dari jaringan Wi-Fi. Sekarang coba buka Settings > Location Services > System Services switch ke OFF dari Wi-Fi Networking. Setelah itu reboot perangkat iOS kalian.

Clean Install iOS 9 Menggunakan iTunes

Ketika kalian melakukan update ke iOS 9 melalui OTA, mimin sarankan untuk melakukan clean install iOS 9 menggunakan iTunes. Bisa dibilang ini adalah cara ampuh ya, tapi ngga tau juga sih buat kalian apakh work atau ngga. Caranya dapat kalian lihat di artikel berikut Cara Install iOS 9.0.1 di iPhone, iPad atau iPod Touch

Tips iOS 9 Lainnya
Disqus Comments