Senin, 07 September 2015

Cara Mengecek Keberadaan Malware KeyRaider di Perangkat iOS Jailbreak


Beberapa hari lalu, dunia jailbreak digemparkan dengan keberadaan malware yang dikenal dengan nama KeyRaider. Malware tersebut dapat menjangkiti perangkat iOS (iPhone, iPad atau iPod Touch) yang disebabkan oleh pengguna yang menginstall tweak jailbreak dari sumber yang tidak dipercaya atau reputasinya rendah.

KeyRaider ini dapat mengambil/mencuri Apple ID dari perangkat iOS yang terinfeksi oleh malware ini. Melihat hal tersebut Palo Alto Networks dan WeipTech membuat sebuah web tool yang dapat dimana pengguna dapat memasukkan email dari Apple ID nya untuk melihat apakah baik-baik saja atau tidak. Nah, sebenarnya ada cara lain untuk mendeteksi keberadaan dari KeyRaider ini. Berikut cara alternatifnya.

Sebelumnya, perkenalkan dulu tweak jailbreak DylibSearch yang dapat membantu pengguna menemukan Dynamic Libraries (.dylib) bermasalah. Ingat ya, tweak ini hanya dapat digunakan untuk mengecek saja, untuk penghapusan malwarenya dapat kalian lakukan secara manual.

Cara Install DylibSearch di perangkat iOS Jailbreak

1. Buka Cydia. Pilih Sources.

2. Kemudian tap pada Add. Tambahakan link repository berikut
http://wolfposd.github.io/
3. Buka package dari repo yang sudah ditambahkan tadi. Setelah itu Install DylibSearch.

Selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi DylibSearch yang otomatis muncul di Homescreen setelah terinstall.

Ketika aplikasi terbuka kalian akan melihat icon "checklist" berwarna hijau atau merah. Indikator hijau menandakan bahwa file .dylib yang ditandai tidak terinfeksi oleh malware, sedangkan apabila indikator berwarna merah berarti positif kemungkinan file .dylib tersebut terjangkit oleh malware.


DylibSearch ini akan mencari string-string yang dianggap bermasalah, antara lainnya adalah
  • wushidou
  • gotoip4
  • bamu
  • getHanzi

Cara Menghapus File .dylib yang Terinfeksi Malware KeyRaider

Jangan panik jika kalian menemukan checklist berwarna merah. Sekarang yang harus kalian lakukan adalah menginstall file manager seperti iFile. Jika sudah silahkan buka iFile, arahkan ke folder /Library/MobileSubstrate/DynamicLibraries. Setelah itu cara file .dylib yang ditandai dengan checklist berwarna merah tadi dan jangan lupa untuk dihapus ya.

Mulai sekarang kalian harus berhati-hati dengan tweak jailbreak yang memiliki reputasi rendah atau tidak dipercaya. Jailbreak dunia keras, bro.. Keep safe ya..
Disqus Comments