Rabu, 02 September 2015

Cara Untrust Komputer dan Perangkat yang Terhubung dengan iPhone, iPad atau iPod Touch


Ketika pertama kali perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch kalian terhubung ke komputer, maka akn muncul sebuah pop up yang akan menanyakan apakah komputer/perangkat tersebut boleh mengakses perangkat iOS kita.

Lalu, apa yang harus kalian lakukan apabila secara tidak sengaja menguntrust komputer yang bukan milik kita? Tidak perlu panik, kalian hanya cukup mereset perangkat iPhone ke setting awal (Reset All Settings). Cara ini dapat digunakan terutama untuk pengguna iOS 8. Sebenarnya ada cara lain untuk menguntrust komputer dan perangkat yang terhubung dengan perangkat iOS kita. Berikut adalah caranya.

Apa itu Trusted Device?

Sebuah perangkat yang ditandai "trusted" oleh perangkat iOS dapat memungkinkan kita untuk mengakses file dan pengaturan dari perangkat iOS kalian, transfer file musik, video, foto dan kontak, Tenang saja, data kalian yang telah tersimpan di iPhone atau iPad baru bisa di lihat setelah memasukkan passcode.

Bagaimana jika perangkat tersebut ditandai sebagai "untrusted"? Kalian hanya dapat melakukan pengisian ulang baterai dari perangkat tersebut, tapi tidak bisa melakukan transfer file musik, video, foto atau kontak apapun itu. 

Metode alternatif yang kalian akan gunakan akan mereset semua pengaturan privasi dan lokasi dari perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch. Hal ini lebih baik, dikarenakan kalian hanya kehilangan dua pengaturan yang tersimpan di perangkat iOS daripada harus melakukan Reset Factory Settings.

Sudah siap? Oke kita meluncur buddy.

1. Buka Menu Settings dari perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch kalian.

2. Pilih General > Reset. Kemudian kalian pilih "Reset Location & Privacy".


3. Setelah itu, kalian akan diminta untuk memasukkan Passcode dari perangkat iOS kalian.


4. Kemudian akan muncul sebuah pop up untuk mengkonfirmasi apakah kalian benar akan mereset pengaturan tersebut. Jika iya, pilih Reset Settings, apabila tidak kalian dapat memilih Cancel.


5. Sekarang kalian boleh keluar dari menu Settings. Silahkan apabila ingin mereboot perangkat iOS kalian.

Nah setelah mereset pengaturan privasi dan lokasi. Yang sekarang harus di lakukan adalah mengatur ulang pengaturan tersebut dari perangkat iOS kalian. Caranya adalah buka Settings > Privacy. Setelah itu atur pengaturan tersebut seperti sedia kalanya.

Sekarang ketika kalian menghubungkan perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch ke komputer maka akan muncul pop up apakah kalian ingin menandai komputer/perangkat tersebut untuk terhubung dengan perangkat iOS atau tidak.

Apabila kalian tap pada "Trust" maka iTunes akan diberikan akses untuk mengakses file dari perangkat iOS kalian. Kemudian, pilih Accept untuk melakukan sync ke iTunes apabila muncul pop upnya.

Catatan : Gunakan metode ini apabila dibutuhkan saja ya. Misalkan tidak sengaja memilih "trust" dari komputer yang dapat diakses oleh banyak orang dan sync iTunes ke komputer tersebut karena dapat menyebabkan data kalian dapat dilihat oleh orang yang tidak bertanggung jawab (Asalkan orang tersebut pintar ya).
Disqus Comments