Kamis, 10 September 2015

Hal yang Harus Diketahui dari iPhone 6S dan iPhone 6S Plus : Fitur, Spesifikasi, dan Waktu Rilis


Kehadiran iPhone 6S dan iPhone 6S Plus adalah hal yang paling di tunggu-tunggu pada Apple Event hari ini. Bagaimana tidak? Produk iPhone yang mengusung title "S" dibelakangnya dan merupakan generasi selanjutnya dari keluar iPhone 6 yang memiliki segudang inovasi teknologi baru. Contohnya seperti 3D Touch, Kamera 12 megapiksel, prosesor A9 dan lain-lain. Memang setiap Apple mengeluarkan produk terbaru pasti memiliki invoasi teknologi terbaru, itulah yang membuat perusahaan tersebut dapat bersaing dengan merk-merk smartphone lainnya dan kompetitor terberatnya Samsung.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui mengenai iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Fitur/Spesifikasi

Layar
Tidak ada perbedaan mengenai ukuran layar dari iPhone terbaru ini dibandingkan generasi sebelumnya. iPhone 6S memiliki ukuran layar 4.7 inch beresolusi 1334 x 750 pixels, sedangkan iPhone 6S Plus 5.5 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixels. Keduanya menggunakan layar Retina HD. Seperti yang dikabarkan sebelumnya bahwa kedua iPhone 6S dan iPhone 6S Plus ini tidak menggunakan layar sapphire, melainkan ion-strengthened glass (Seperti di Apple Watch Sport) dan lapisan oleophobic untuk meminimalisir sidik jari.

Desain
Secara umum, iPhone 6 dan iPhone 6S tidak memiliki perbedaan dari segi fisiknya. Hanya saja iPhone 6S sedikit lebih tebal dibandingkan kerabatnya itu. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi resiko body iPhone mudah "bengkok" seperti yang diisukan tahun lalu. Untuk bagian casingnya Apple menggunakan 7000 aluminium series (Campuran bahan metal yang sangat kuat) untuk memaksimalkan struktur dari hardware internal iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Prosesor
Dalam Apple Eventnya, Apple memperkenalkan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus yang menggunakan prosesor A9 yang sebelumnya sudah diperkirakan oleh beberapa analis. Prosesor ini merupakan generasi ketiga dari prosesor 64 bit yang digunakan di perangkat mobile. Kemudian, A9 juga memiliki arsitektur transistor terbaru dan lebih hemat energi dibandingkan prosesor A8 yang tertanam di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.


A9 memiliki performa 70 persen lebih cepat dari segi CPUnya dan 90 persen lebih baik di GPUnya, sehingga daapt memberikan performa setara dengan konsol dalam menghadirkan aplikasi dan permainan ke dalam sebuah perangkat mobile.

Motion co-prosesor
Untuk pertama kalinya chip A9 ditanamkan motion co-prosesor M9 dengan fitur "always-on". Maksudnya disini always on adalah dengan hadirnya M9 ini fitur "Hey Siri" akan selalu aktif kapanpun perangkat iPhone dalam keadaan aktif. Jadi, dapat memberikan feedback yang sangat cepat untuk penggunanya.

Kamera Belakang 12 Megapiksel
Untuk menghadirkan pengalaman memfoto yang menakjubkan, Apple meningkatkan 50 persen resolusi dari kamera belakang iPhone 6S dan iPhone 6S Plus menjadi 12 megapiksel, sehingga pengguna dapat memotong dan memperbesar foto tanpa harus khawatir kualitas fotonya akan menurun.

Kamera dari iPhone terbaru ini dapat menjepret foto panorma dengan resolusi 63 megapiksel, sebelumnya adalah 42 megapiksel di iPhone 6. Selain itu, pengguna dapat merekam video dengan resolusi mencapai 4K (Kebayangkan gimana jernihnya?). Kalo yang belum tahu video 4K itu kayak gimana coba liat di youtube aja ya.

Kamera Depan 5 Megapiksel
Apple kali ini mengupgrade besar-besaran kamera depan dari iPhone 6S dan iPhone 6S Plus menjadi 5 megapiksel, generasi sebelumnya hanya 1.3 megapiksel. Meskipun tidak ada LED flash di bagian kamera depannya. Apple telah menyiasati hal tersebut. Jadi kira-kira begini, ketika kalian mengaktifkan flash di aplikasi kamera bawaan, lalu pada saat kalian selfie dengan kamera depan di ruangan yang gelap maka layar dari iPhone akan memberikan efek flash. Bye bye foto selfie gelap..


Baterai
Apple kali ini bahagia mengenai performa dari baterai iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Nah untuk iPhone terbarunya ini mereka masih menggunakan baterai lithium yang tidak bisa dilepas secara sembarangan. Bagaimana dengan daya tahan baterainya min? iPhone 6S dapat bertahan 14 jam (talk time) dan iPhone 6S Plus 24 jam (talk time).

LTE dan Wi-Fi
iPhone terbaru akan memiliki peningkatan di LTE nya dengan tambahan 23 band dan sudah support dengan jaringan seluler 300 Mbps (Waduh Indonesia boro-boro nyampe segitu). Selain itu, Wi-Finya juga support dengan kecepatan sampai 866 Mbps.

Touch ID Baru
Apple mengkalim bahwa Touch ID terbarunya lebih cepat dan lebih aman dari sebelumnya. Mereka menyebutnya 2nd generation Touch ID. Apple tidak membahas bagian ini secara terperinci jadi kurang informasi nih.

3D Touch
Apple memperkenalkan fitur 3D Touch yang tertanam di layar iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Dengan fitur tersebut pengguna dapat menjalankan fungsi tertentu dari sebuah aplikasi tanpa harus masuk ke aplikasi tersebut. Contohnya adalah ketika kalian ingin mengirim pesan atau membuka pesan, cukup tahan tap di aplikasi pesan kemudian sebuah popup akan muncul/ Pilih "Create a Message"

Berikut adalah video perkenalan 3D Touch untuk lebih memahami fitur ini

Live Photo
Kini Wallpaper iPhone sudah support dengan motion wallpaper. Kemudian, kamera iPhone juga sudah support untuk menjepret gambar dengan menggabungkan frame sehingga foto terlihat bergerak. Contohnya ada pada video dibawah ini.


Warna
Berbeda dengan iPad yang hanya memiliki 3 varian warna, iPhone terbaru kini punya 4 varian warna yaitu Rose Gold, Silver, Gold dan Space Gray. Pilihan warna-warna tersebut terinspirasi oleh Apple Watch



Aksesoris

1. Dock Charging
Apple menghadirkan aksesoris dock charging untuk semua model terbaru dari iPhone dan iPod Touch dengan warna yang menyesuaikan dengan warna perangkat tersebut. Mulai dari Rose Gold, Gold, Space Gray dan Silver. Docking ini dibanderol oleh Apple $49.


2. Case iPhone 6S dan iPhone 6S Plus
Selain dock charging, Apple juga menghadirkan case berbahan silikon dan kulit untuk iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Untuk yang berbahasn silikon tersedia pilihan warna, yaitu white, charcoal gray, stone, antique white, blue, torquise, midnight blue, lavender, pink, orange dan red. Kemudian untuk bahan kulit tersedia pilihan warna midnight blue, saddle brown dan rose gray.


Harga iPhone 6S dan iPhone 6S Plus

Apple menyediakan dua harga yang beberda untuk iPhone 6S dan iPhone 6S Plus, yaitu factory locked (dengan kontrak) dan factory unlocked (tidak ada kontrak). Kelebihan dari FU adalah kalian dapat menggunakan SIM apapun providernya.

Singapura :
iPhone 6S 16 GB = SGD 1048
iPhone 6S 64 GB = SGD 1218
iPhone 6S 128 GB = SGD 1388

iPhone 6S Plus 16 GB = SGD 1218
iPhone 6S Plus 64 GB = SGD 1388
iPhone 6S Plus 128 GB = SGD 1558

(Nilai tukar Dollar Singapura ke Rupiah = Rp. 10.130. Itung sendiri ya)

Mimin ambil sampel harganya dari Singapura aja ya, karena deket banget sama Indonesia. Jadi, kemungkinan harga di Indonesia ngga jauh-jauh dari itu.. Sumbernya dari Apple Store Singapore

Waktu Rilisnya


Pre-order iPhone 6S dan iPhone 6S Plus akan diadakan mulai 12 September dan Rilis kepublik pada 25 September. Ya lumayanlah ya bisa jual iPhone lama dulu buat nambah-nambahin.. Oh iya untuk Indonesia kalian dapat membeli iPhone 6S dan iPhone 6S Plus di Singapura (Untuk yang udah kebelet ya, kalo sabar mah tunggu aja sampe masuk ke Indonesia).
Disqus Comments