Minggu, 13 September 2015

iPhone 6S atau iPhone 6S Plus? Pilih Yang Mana?


Apple telah memperkenalkan lini terbaru dari iPhone, yaitu iPhone 6S dan 6S Plus. Perangkat tersebut merupakan generasi terbaru dari iPhone 6 dan 6 Plus yang dirilis oleh Apple tahun lalu. Sejakt tahun lalu, mereka sedang berfokus pada perangkat Apple dengan layar besar, buktinya dari iPhone 6 sampai iPhone 6S Plus perusahaan ini memilih untuk menggunakn layar dengan ukuran 4.7 inch dan 5.5 inch.

Jika saat ini kalian berniat untuk membeli iPhone 6S dan iPhone 6S Plus dan bingung mau milih yang mana? Berikut saya akan menjabarkan spesifikasi dan fitur dari kedua iPhone terbaru ini.

Layar

Kedua iPhone ini menggunakan layar IPS capacitive touchscreen dengan Retina HD. Hanya saja perbedaannya dari ukuran layar, iPhone 6S (4.7 inch, resolusi 1334 x 750 pixels) dan iPhone 6S Plus (5.5 inch, resolusi 1920 x 1080 pixels). Kemudian untuk melindungi layar Apple menggunakan Ion-X Glass + oleophobic coating yang sama seperti Apple Watch Sport. Terdapat teknologi baru yang digunakan oleh Apple di kedua iPhone ini, yaitu 3D Touch yang dapat membedakan sentuhan pengguna kedalam tiga tingkatan berbeda.


Desain

iPhone 6S dan 6S Plus memiliki desain yang sama seperti generasi sebelumnya. Apple  menggunakan 7000 aluminium series pada body kedua iPhone ini untuk menghadirkan kesan kokoh dan meminimalisir "bengkok" yang sempat terjadi pada generasi sebelumnya. Untuk masalah berat terbilang ringan, iPhone 6S (143 gram) dan iPhone 6S Plus (192 gram). Selain itu, Apple menggunakan Touch ID Generasi Kedua di iPhone terbaru dan diklaim lebih aman dan responnya lebih cepat. Tentunya dengan dukungan Apple Pay.

Prosesor dan Software

Apple menggunakan prosesor terbarunya yaitu A9 yang merupakan generasi ketiga dari prosesor 64 bit. Dengan arsitektur transistor terbaru, diklaim lebih hemat energi dibandingkan generasi sebelumnya. A9 memiliki performa 70 persen lebih cepat dari segi CPUnya dan 90 persen lebih baik di GPUnya, sehingga dapat memberikan performa setara dengan konsol dalam menghadirkan aplikasi dan permainan ke dalam sebuah perangkat mobile. Kedua iPhone menggunakan sistem operasi iOS 9 yang diklaim oleh Apple memiliki performa yang lebih baik dan fitur terbaru.


Terdapat tiga piliha kapasitas penyimpanan untuk perangkat ini 16/64/128 GB dan RAM berkapasitas 2 GB.

Kamera

Tidak ada perbedaan kalo soal kamera mah. Kamera belakang dari iPhone 6S dan 6S Plus beresolusi 12 megapiksel dengan kemampuan untuk merekam video 4K. Apabila kalian ingin merekam video 4K maka harus memilih iPhone terbaru ini dengan kapasitas minimal 64 GB, karena untuk merekam video 4K 32 menit membutuhkan kapasitas penyimpanan 11.6 GB.

Nah, kerennya dari kedua iPhone terbaru ini adalah kamera depannya yang beresolusi 5 megapiksel (sebelumnya hanya 1.2 megapiksel). Walaupun tidak ada fitur flash untuk kamera depannya, Apple telah menyiasati hal tersebut. Jadi kira-kira begini, ketika kalian mengaktifkan flash di aplikasi kamera bawaan, lalu pada saat kalian selfie dengan kamera depan di ruangan yang gelap maka layar dari iPhone akan memberikan efek flash.


Konektifitas

Menggunakan Wi-Fi 802.11 a.b.g.n.ac yang diklaim oleh Apple 2.5 kali lebih cepat dibandingkan 802.11 a/b/g/n. Kemudian, kedua iPhone ini menggunakan Bluetooth 4.2 yang pastinya memiliki transfer lebih cepat dibandingkan Bluetooth 4.0.

Baterai

Apple memperkecil kapasitas baterai iPhone 6S (1715 mAh) dan iPhone 6S Plus (2915 mAh) dan tidak dapat dilepas secara sembarangan. Detail lebih lengkapnya bisa lihat pada gambar di bawah ini.


Harga dari iPhone 6S dan 6S Plus ini ternyata berbeda-beda loh. Alasannya sih karena fluktuasi dollar dengan nilai tukar mata uang tempat iPhone tersebut di jual. Kemudian untuk di wilayah Amerika, Apple memberlakukan sistem kontrak dan unlocked. Nah, untuk diluar negara Amerika tidak ada sistem kontrak yang ada hanya Factory Unlocked (FU). Oh iya, katanya di akhir tahun - tahun depan ini perusahaan cupertino ini akan hadir di 140 negara.

Baca : Inilah Daftar Harga iPhone 6S dan 6S Plus Factory Unlocked

Kesimpulannya. Kalian bebas milih sesuai kebutuhkan. Misalkan pengen layar yang lebih besar, pilih iPhone 6S Plus berlaku sebaliknya.

Jadi, mana yang kalian pilih? iPhone 6S atau iPhone 6S Plus?

Disqus Comments