Minggu, 06 September 2015

iPhone 6S Dilaporkan akan Menggunakan Teknologi 3D Touch


Rumor mengenai teknologi terbaru, yaitu Force Touch yang akan digunakan oleh iPhone 6S dan iPhone 6S Plus yang akan diperkenalkan oleh Apple pada 9 September nanti. Tidak hanya itu, rumor-rumor mengenai resolusi 5 megapiksel yang akan digunakan di iPhoen terbaru tersebut juga ramai di perbincangkan.

Pertama kalinya, teknologi Force Touch ini telah digunakan oleh Apple Watch dan Macbook 12 inch. Logikanya begini, jika di Apple Watch yang memiliki layar kecil saja bisa menggunakan, kenapa di iPhone tidak? Dan juga, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus memiliki ukuran layar yang besar di kelasnya.

Baru-baru ini, Mark Gurman dari 9to5Mac, telah memberikan detail mengenai sebutan dari Force Touch yang akan digunakan di iPhone, yaitu 3D Touch. Pada umumnya force touch memiliki dua level sensitifitas, sedangkan teknologi 3D Touch ini nantinya akan memiliki tiga level sensitifitas.

Jika, Force Touch di Apple Watch hanya memiliki fitur untuk mengenali dua level dari sensitifitas, yaitu "tap and deep press", maka untuk iPhone akan mengenali tiga level sensitifitas, yaitu "tap, press and deeper press". Dengan hadirnya tiga level sensifitas dan sebutan 3D Touch untuk Force Touch di iPhone, itu berarti developer aplikasi iOS harus menambahkan dimensi dan interaksi interface baru.

Selain itu, ada fitur-fitur terbaru dari 3D Touch ini, antara lain adalah
  • Force Touch dapat digunakan untuk membuat shortcut dari aplikasi di Homescreen. Contohnya adalah : Jika pengguna melakukan "deep press" pada icon Phone di Homescreen, ia akan diarahkan ke tab Voicemail. Contoh lainnya : Apabila pengguna melakukan "deep press" pada icon News di Homescreen, ia akan di arahkan ke tab Favourite atau For You di aplikasi News.
  • Beberapa gesture yang ada di Macbook akan diimplementasikan di iPhone.
  • Gesture dari Force Touch akan menggantikan fungsi tombol aksi dari sebuah aplikasi, seperti Music.

Nantinya 3D Touch akan menggunakan Taptic Engine terbaru untuk memberikan feedback yang baik kepada pengguna. Kita tunggu saja sampai Apple mengumumkan berita resminya mengenai iPhone di Apple Event yang akan diadakan 9 September nanti. Oh iya, untuk pengguna Windows 10 kalian dapat melakukan streaming dari Apple Event menggunakan Microsoft Edge.


Sumber9to5Mac
Disqus Comments