Tips Mengehemat Pengguna Baterai di iOS 9

Berdasarkan pengalaman dari pembaca Applenesian yang merasakan baterai perangkat iOS nya menjad...


Berdasarkan pengalaman dari pembaca Applenesian yang merasakan baterai perangkat iOS nya menjadi lebih boros setelah update ke iOS 9. Sebenernya sih boros atau tidaknya baterai itu tergantung penggunanya juga, kalo makenya boros ya boros juga baterainya. Jika kalian update banget buat urusan sosial media, jangan harap long last deh itu baterai haha. Mimin punya beberapa tips nih yang dapat kalian lakukan untuk membantu mengehemat penggunaan baterai dari perangkat iOS kalian (iPhone, iPad atau iPod Touch) yang berjalan sistem operasi iOS 9.

1. Battery Usage

Fitur Battery Usage ini pertama kali muncul di iOS 8 dan di iOS 9 fitur ini dikembangkan lagi oleh Apple. Dengan fitur ini kalian dapat memantau berapa banyak kapasitas baterai yang digunakan oleh sebuah aplikasi. Semakin sering kalian menggunakan aplikasi, maka berbanding lurus dengan hasil statistik di Battery Usage ini. Jadi, bisa ketauan toh mana aplikasi yang banyak memakan baterai kalian?

Bagaimana cara membuka Battery Usage di iOS 9?

Berbeda dengan iOS 8, pertama-tama kalian buka menu Settings. Lalu, pilih Battery. Setelah itu akan muncul statistik penggunaan baterai kalian dan aplikasi mana saja yang banyak menggunakan baterai perangkat iOS kalian.


Dalam Battery Usage kalian juga dapat melihat dua buah statistik rentan waktu dari sebuah aplikasi atau sistem dalam mengkonsumsi baterai perangkat iOS kalian, yaitu "Last 24 Hours" dan "Last 4 Days". Oh iya, di paling kanan kan ada ikon "Jam" ya, nah itu fungsinya untuk melihat berapa lama sebuah aplikasi digunakan. Penasaran? Langsung di klik aja coba. Ingat ya, hasil berbanding lurus dengan seberapa sering kalian menggunakan sebuah aplikasi. Itu aja sih catatan dari mimin.

Selanjutnya?

Jika kalian sudah melihat aplikasi yang kalian pikir terlalu berlebihan mengkonsumsi baterai perangkat iOS, lakukan hal berikut. Pilih salah satu aja ya.

1. Apabila aplikasi yang kalian anggap terlalu banyak mengkonsumsi baterai perangkat iOS padahal kalian jarang membukanya. Saran mimin sih di apus aja, atau ngga di update aplikasinya (Kalo ada).

2. Seperti biasanya ya, ketika kalian menekan tombol "Home" setelah membuka aplikasi secara otomatis aplikasi tersebut akan berpindah ke background (akan bekerja di balik layar). Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat menjalankan aplikasi. Ya bisa di anggap iOS menyimpan cache dari aplikasi tersebut. Sebenernya sih gapapa, cuma kalo ada aplikasi yang berjalan di background dan dalam rentang tertentu dia melakukan update konten (Contohnya aplikasi Sosial Media) efeknya di baterai kalian bisa jadi boros. Saran mimin sih di close aja. Caranya? Tap dua kali tombol Home, kemudian slide ke atas dari aplikasi yang ingin ditutup.


Alternatifnya : Kalian dapat menonaktifkan Background App Refresh. Jadi, aplikasi semacam sosial media tidak akan mengupdate konten dalam waktu tertentu sampai aplikasi tersebut dibuka kembali. Saran mimin sih matikan aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan. Caranya? Buka Settings > General > Background App Refresh. Setelah itu switch ke OFF dari aplikasi yang dinginkan.


2. Location Services

Jika kalian menggunakan aplikasi sosial media, kita ambil contoh Path secara otomatis aplikasi tersebut akan menggunakan lokasi kalian berada. Nah, sebenarnya hal tersebut bisa berdampak pada borosnya baterai karena aplikasi tersebut akan terus mengupdate lokasi kalian berada ya walaupun hanya sekedar mengetahu kota kalian berada "Central Jakarta" "South Jakarta" atau lainnya. Mimin sarankan untuk menggunakan tips dibawah ini.

Aktifkan Fitur "While using the App" di Location Services

Fitur ini sudah ada sejak iOS 8 dan tidak ada yang baru di iOS 9 ini. Jika kalian tidak ingin menonaktifkan location service dari sebuah aplikasi ada alternatifnya kok. Caranya min? Kita gunakan opsi "While using the App".


Pertama-tama buka menu Settings > Privacy > Location Services. Kemudian tap pada aplikasi yang diinginkan, misal Path. Setelah itu pilih "While using the App". Selesai deh. Sayangnya beberapa developer aplikasi ada yang tidak mendukung fitur ini. Jadi, kalo ngga ada opsi ini bukan kesalahan iOS/Apple ya.

3. Push Mail

Yang namanya update konten dari internet itu selalu berdampak pada borosnya penggunaan baterai. Jika kalian orang yang sibuk pastinya menggunakan fitur Mail ini ya. Nah, biasanya aplikasi bawaan Apple tersebut akan secara otomatis mengupdate pesan elektronik yang masuk dalam rentan waktu tersentu. Untuk menghemat konsumsi baterai, kalian dapat mengatur waktu update email yang masuk ke akun yang kalian miliki.


Caranya? Buka menu Settings > Mail / Contacts / Calender (Pilih salah satu) > Fetch New Data. Sekarang kalian pilih waktu yang diinginkan, mimin saranin sih "Hourly" ya atau lebih bagus Manual.

4. Kekuatan Sinyal

Jika kalian sedang berada di lokasi yang 'susah sinyal' lebih baik aktifkan Airplane Mode. Nanti ngga dapet pesan notifikasi min. Iya sih, cuma jika kalian berada di lokasi 'susah sinyal' perangkat iOS kalian akan berkerja secara keras untuk mendapatkan sinyal yang dibutuhkan untuk mengupdate konten dari aplikasi. Efeknya? Pastinya memakan baterai sangat banyak dan perangkat iOS akan menjadi cepat panas.

Alternatifnya : Jika kalian di lokasi tersebut memiliki koneksi Wi-Fi disarankan untuk mengaktifkan Airplane Mode tapi mengaktifkan koenski Wi-Fi.

atau


Apabila di lokasi tersebut tidak ada koneksi Wi-Fi sama sekali kalian dapat mengaktifkan layanan 3G saja (Khusus perangkat iOS yang sudah support 4G/LTE). Caranya Settings > General > Cellular/Mobile > Enable 4G / Enable LTE. Kemudian pilih "Off".

5. Low Power Mode

Nah ini dia jurus jitunya biar baterai perangkat iOS kalian hemat. Mulai iOS 9, Apple telah menghadirkan fitur "Low Power Mode" ya bisa dibilang Battery Saver lah ya. Ketika dalam mode ini perangkat iOS kalian akan mematikan beberapa fitur seperti Backgroud App Refresh, update aplikasi secara otomatis dari App Store, menonaktifkan efek visual dan lainnya. Kalo kata Apple sih fitur ini dapat memperpanjang umur baterai sampai 3 jam. Lumayankan..

Ketika presentase baterai perangkat iOS kalian mencapai 20% secara otomatis akan muncul sebuah pop up apakah ingin mengaktifkan "Low Power Mode" atau tidak.


Cara penggunaan Low Power Mode dapat kalian lihat di Cara Menggunakan Low Power Mode di iOS 9

6. Tips Lainnya

Selain 5 tips utama diatas. Masih ada tips lainnya yang dapat kalian coba yang mimin rasa bisa ikut andil dalam menghemat baterai perangkat iOS. Mau coba?

Nonaktifkan Widget di Notification Center

Seperti sistem operasi lainnya. iOS juga memiliki Notification Center. Nah, di tempat tersebut semua notifikasi pesan, aplikasi, permainan atau lainnya dikumpulkan menjadi satu. Maksudnya sih biar pengguna tahu aja kalo ada pesan masuk, undangan pertemanan, undangan pernikahan mantan (Wups), pokoknya semacam itulah ya.

Masalahnya nih ya, semakin banyak aplikasi yang kalian install tentunya berbanding lurus dengan banyaknya notifikasi yang ada di Notification Center ini. Kalo udah gitu harus gimana? Gampang aja kok, kalian swipe layar atas kebawah, kemudian tap pada tab Today. Kemudian scroll ke bawah lalu pilih Edit. Sekareana kalian tap pada tombol berwarna merah untuk menghilangkan aplikasi dari Notification Center.


Untuk memunculkan kembali aplikasi yang dihapus dari Notification Center ini atau ingin menambahkan aplikasi ke tempat tersebut kalian dapat memilih tombol berwarna hijau.

Catatan : Aplikasi kalian tidak akan terhapus.

Nonaktifkan Dynamic Wallpapers

Dynamic Wallpaper merupakan fitur yang sudah ada sejak iOS 7 yang akan memberikan efek animasi pada layar Homescreen dan Lockscreen. Sayangnya, fitur ini dapat memberatkan kinerja CPU walaupun hanya sedikit dan juga berdampak pada konsumsi baterai yang lebih. Fitur ini dapat kalian noaktifkan atau tidak di nonaktifkan. Kalo mau caranya Settings > Wallpaper. Kemudian pilih wallpaper "Still" bukan "Dynamic". Gampangkan?


Nonaktifkan Motion Effects, Parallax.

Interface iOS sudah menjadi sangat enak dilihat sejak iOS 7 karena memiliki efek animasi pada elemen-elemen user interfacenya. Sama seperti Dynamic Wallpaper, fitur ini dapat berkontribusi menjadi penyebab baterai boros, walaupun terkadang tidak terlihat sih kalo ngga memperhatikan secara detail. Cara untuk menonaktifkan fitur ini adalah Settings > General > Accessibility > Reduce Motion. Kemudian switch ke OFF.


Nonaktifkan Automatic Update Aplikasi di App Store

Dalam keadaan default, aplikasi yang kalian install melalui App Store akan melakukan update secara otomatis apabila terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Nah, dampaknya tentu kalian sudah tau dong ya? Iya betul, baterai kalian akan cepat habis, apalagi ukuran file updatenya bisa diatas puluhan megabyte. Kalian dapat menonaktifkan automatic update dari App Storenya caranya sebagai berikut Settings > iTunes & App Store. Kemudian scroll ke bawah lalu switch ke OFF dari "Updates".


Nonaktifkan Bluetooth

Jangan lupa untuk menonaktifkan Bluetooth dari perangkat iOS kalian apabila tidak digunakan. Keliatannya ringan cuma dampaknya lumayan berpengaruh untuk daya tahan baterai perangakt iOS yang kalian miliki

Aktifkan Auto Lock

Jika kalian mengaktifkan Auto Lock, perangkat iOS yang kalian punya secara otomatis akan turn off dengan sendirinya (Maksudnya layarnya yang mati) ketika tidak digunakan dalam rentang waktu yang telah ditentukan dari pengaturan. Nah, dalam iOS 9 Apple telah memberikan opsi waktu terbaru nih, 30 detik, 1, 2, 3, 4 atau 5 menit. Cara mengaktifkannya cukup mudah buka Settings > General > Auto Lock. Setelah itu atur waktu yang kalian inginkan. Selesai deh.

Kurangi Tingkat Pencahayaan (Brightness)

Dengan mengurangi brightness di perangakt iOS kalian otomatis dapat menghemat baterai pula. Caranya cukup mudah buka Control Center kemudian geser ke kiri dari ikon lambang "matahari".

Kalibrasi Baterai

Apple menyarankan untuk melakukan kalibrasi baterai kurang lebih satu bulan sekali. Caranya adalah isi ulang baterai perangkat iOS kalian sampai penuh, kemudian gunakan sampai habis. Kemudian isi ulang kembali.

Masih Boros Juga?

Coba untuk Reset Factory Settings. Tapi pengaturan dan aplikasi kalian akan hilang, resikonya begitu. Kalo mau caranya adalah sebagai berikut Settings > General > Reset. Kemudian pilih Erase All Content and Settings. Setelah itu atur ulang kembali iPhone, iPad atau iPod Touch kalian (Jangan restore dari backup lagi).

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Apple Event,31,Apple HomeKit,1,Apple Pay,12,Apple TV,9,Apple Watch,61,Applenesian Story,1,Best Apps,11,Buyers Guide,1,Campaign,4,Compare,12,Discount iOS Apps,1,Downgrade iOS,8,Download iOS,4,Download Jailbreak Tool,3,iMac,6,iOS 10,18,iOS Apps,41,iOS News,81,iPad,22,iPhone,78,iPhone 7,24,iPod,2,Jailbreak iOS,20,Jailbreak News,25,Macbook,20,macOS,4,News,125,Paid to Free Apps,7,Pokemon Go,10,Promotion,1,Review,1,Samsung,12,SSH Blobs,4,Tips and Trick,42,Troubleshooting,37,Tutorial,58,Tweak Jailbreak,12,Upgrade iOS,13,Wallpaper,1,Watch Apps,2,watchOS,4,
ltr
item
Applenesian: Tips Mengehemat Pengguna Baterai di iOS 9
Tips Mengehemat Pengguna Baterai di iOS 9
http://3.bp.blogspot.com/-Ja6rTiooyfM/VgjW48SCMqI/AAAAAAAAF6s/HE6z3AsIaHg/s400/ios-9-battery.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-Ja6rTiooyfM/VgjW48SCMqI/AAAAAAAAF6s/HE6z3AsIaHg/s72-c/ios-9-battery.jpg
Applenesian
http://www.applenesian.com/2015/09/tips-mengehemat-pengguna-baterai-di-ios-9.html
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/2015/09/tips-mengehemat-pengguna-baterai-di-ios-9.html
true
7556057504832107625
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy