Jumat, 18 September 2015

Video : Membandingkan Performa iOS 9 dan iOS 8.4 di iPhone


Apple telah merilis iOS 9 belum lama ini yang diklaim oleh mereka memiliki performa yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Apakah benar begitu? Jawabannya akan dijawab oleh sebuah video buatan EverythingApplePro di bawah ini. Dalam video tersebut ia membandingkan performa dari iOS 9 dan iOS 8.4 di perangkat iPhone (iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S dan iPhone 6).
Catatan : Tulisan dibawah ini mengandung Spoiler.

Pertama-tama, ia membandingkan lamanya waktu booting antara iOS 9 dan iOS 8.4 di iPhone 4S. Hasilnya? iOS 8.4 lebih cepat sedikit dibandingkan iOS 9. Kemudian untuk iPhone 5 iOS 9 lah yang menjadi pemenang walaupun hanya menang beberapa sekon (sekon ya bukan detik) saja. Berbeda dengan hasil di iPhone 5S, iOS 9 lebih cepat 3 detik dibandingkan iOS 8.4 dalam proses booting awal. Kemudian untuk iPhone 6 pemenangnya masih iOS 9 walaupun hanya unggul 1 detik saja dibandingkan iOS 8.4.

Kedua, ia mencoba untuk membandingkan waktu yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi bawaan iOS (stock apps), seperti App Store, iTunes Store, dan Maps. Hasilnya? iOS 8.4 bisa dibilang lebih unggul dibandingkan iOS 9 dalam menjalankan aplikasi bawaan iOS. Tapi bisa kalian lihat, aplikasi Maps di iOS 8.4 terlihat lebih cepat dibuka dibandingkan iOS 9, mungkin dikarenakan ada fitur Transit Mapsnya kali ya.

Ketiga, ia menguji benchmark dari iOS 8.4 dan iOS 9 di perangkat iPhone tersebut. Hasilnya?
1. Hasil uji benchmark di iPhone 4S pemenangnya adalah iOS 8.4 dengan skor 217 (single-core) dan 412 (multi-core) sedangkan iOS 9 hanya memperoleh skor 216 (single-core) dan 410 (multi-core).

2. Untuk iPhone 5 ternyata iOS 9 lebih unggul dibandingkan iOS 8.4 dalam skor single-core nya. Tapi untuk multi-core keduanya memiliki skor yang sama.

3. Nah untuk iPhone 5S, iOS 8.4 lebih unggul dibandingkan iOS 9 dalam skor single-core dan multi-core dengan selsisih poin 9 (untuk single-core) dan 13 (untuk multi-core).

4. Sama seperti iPhone 5S, hasil benchmark di iPhone 6 menunjukkan iOS 8.4 lah yang menjadi pemenangnya.

Terakhir, ia menguji kecepatan internet yang bisa dihasilkan dari kedua iOS ini. Hasilnya? iOS 9 lah yang menjadi pemenangnya, jauh sekali bedanya sama iOS 8.4.

Kesimpulannya : iOS 8.4 masih lebih baik daripada iOS 9 dalam hal performa (Entah kenapa), tapi untuk beberapa kondisi, iOS 9 lan yang lebih baik dalam hal kecepatan internet. Walaupun video di atas ternyata yang lebih unggul itu adalah iOS 8.4, bukan berarti iOS 9 itu jelek atau gagal ya, masih ada 9.1 loh yang udah masuk Beta 6 dan 9.x lainnya. Pastinya setiap update Apple akan terus meningkatkan performa dan memperbaiki bug.
Disqus Comments