Selasa, 22 September 2015

Yuk Cek Keberadaan Malware XcodeGhost dengan Tools Milik Pangu


Baru-baru ini pengguna iOS dikejutkan dengan keberadaan malware XcodeGhost yang menginfeksi aplikasi populer di App Store, contohnya WeChat. Hal tersebut dikarenakan, pengembang aplikasi tersebut menggunakan tools Xcode bukan dari situs resmi Apple melainkan dari file sharing Baidu. Bahayanya dari XcodeGhost ini adalah malware ini akan mengambil beberapa informasi dari perangkat korban secara diam-diam kemudian menguploadnya ke remote server.

Melihat hal tersebut Apple langsung menghapus file yang terinfeksi oleh malware XcodeGhost tersebut dari App Store. Beruntungnya nih ya, Pangu telah merilis sebuah tools untuk mengecek keberadaan dari malware ini. Nah, perlu nih kalian cek kali-kali aja ya kan malware ini nyelip di salah satu aplikasi yang terinstall.

Berikut adalah panduan untuk mengecek keberadaan malware XcodeGhost dengan tools milik Pangu. Check this out!

1. Buka situs Tools Pangu untuk XcodeGhost melalui Safari atau Google Chrome di perangkat iOS kalian.
2. Kemudian tap pada tombol biru yang bertuliskan "立即下载".
3. Tap pada "Install" ketika diminta.
4. Selanjutnya adalah memberikan Pangu hak akses (trusted). Caranya adalah buka Settings > General > Profiles. Kemudian pilih "Shenzen Avaintel Technology" kemudian tap pada Trust.
5. Jika sudah silahkan buka aplikasi tools Pangu ini yang ada di Homescren perangkat iOS kalian. Kemudian tap pada tombol biru yang bertuliskan "点击检测Xcode病毒"


Proses scanning akan berlangsung, dan tunggu beberapa saat. Apabila hasil scanning menunjukkan icon checklist hijau maka perangkat iOS kalian bebas dari malware XcodeGhost. Tapi sebaliknya jika checklist berwarna merah tools ini akan memberitahu aplikasi mana yang bermasalah, segera hapus aplikasi tersebut ya.
Disqus Comments