Minggu, 25 Oktober 2015

Cara Downgrade iOS 9.1 ke iOS 9.0.2 di iPhone, iPad, atau iPod Touch


Update : Kalian tidak dapat downgrade ke iOS 9.0.2 karena Apple telah memberhentikan peredaran versi iOS 9.0.2.

Apple telah merilis iOS 9.1 beberapa hari yang lalu, walaupun tidak ada perbedaan dalam sisi user intefacenya, tapi Apple telah menambahkan emoji terbaru, perbaikan bug dan peningkatan fitur yang sudah ada. Sayangnya kemunculan iOS 9.1 merupakan kabar buruk bagi Jailbreaker, karena tidak ada tool Jailbreak yang dapat digunakan untuk menjailbreak perangkat iOS 9.1.

Baca Juga

Tentunya setelah kalian upgrade ke iOS 9.1 secara otomatis perangkat iOS  kalian akan kehilangan status jailbreaknya. Tapi tenang, kalian masih bisa downgrade ke iOS 9.0.2 kemudian lakukan jailbreak ulang menggunakan tool jailbreak milik Pangu.


Jika saat ini kalian ingin melakukan downgrade dari iOS 9.1 ke iOS 9.0.2 dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Pastikan tidak ada yang terlewat ya.

Persiapan Downgrade ke iOS 9.0.2

A. Kompatibilitas Device
Untuk saat ini device yang sudah support dengan iOS 9.0.2 adalah
  • iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus
  • iPad Air 2, iPad mini 3, iPad 2, iPad (third-generation), iPad (fourth-generation), iPad Air, iPad mini, iPad mini with Retina display
  • 5th generation iPod Touch, 6th generation iPod Touch

B. Cek Status Ketersediaan dari iOS 9.0.2
Setiap kali Apple mengeluarkan iOS terbaru tentunya versi iOS sebelumnya akan diberhentikan oleh mereka. Alasannya sih untuk mencegah pengguna iOS menjailbreak perangkat iPhone atau iPad miliknya. Oleh karena itu, kalian harus mengecek terlebih dahulu apakah perangkat iOS kalian masih bisa di downgrade ke iOS 9.0.2 pada link berikut.

C. Backup Device Terlebih Dahulu
Sebelum kalian melakukan downgrade ke iOS 8.4.1 ini ada baiknya untuk melakukan backup data-data kalian, seperti foto, musik,video,apps dan lain-lain. Untuk backup kalian dapat melakukannya via iCloud atau iTunes. Saya menyarankan untuk menggunakan backup menggunakan iTunes karena lebih cepat, tapi bagi yang memiliki koneksi yang bagus silahkan.

Untuk melakukan backup menggunakan iCloud bisa baca di Cara Backup Menggunakan iCloud, sedangkan untuk backup menggunakan iTunes bisa baca di Cara Backup Menggunakan iTunes.

D. Update iTunes Kalian
Biasakan untuk melakukan update iTunes kalian sebelum melakukan update/restore iOS. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi error entah itu saat connecting verifikasi device kalian atau lain-lainnya. Untuk melakukan update iOS  kalian dapat download di Website Resmi iTunes atau Filehippo

E. Matikan Find My iPhone dari iCloud
Apabila iPhone kalian menggunakan fitur Find My iPhone/iPad maka saya menyarankan untuk mematikannya pada saat proses update berlangsung. Caranya buka menu Settings -> iCloud. Kemudian matikan Find My iPhone.

F. Matikan Passcode
Saya menyarankan untuk mematikan fungsi Passcode. Caranya : Settings > Passcode & Touch ID. Kemudian pilih Turn Off Passcode.

G. Download Firmware iOS

Proses Downgrade iOS 9.1 ke iOS 9.0.2

1. Download Firmware iOS yang dapat kalian download di link berikut. Note : Perhatikan Model Number dari device kalian dan Jangan sampai salah download Firmware ya.

Download Firmware iOS 9.0.2 untuk iPhone


Download Firmware iOS 9.0.2 untuk iPad


Download Firmware iOS 9.0.2 untuk iPad Mini


Download Firmware iOS 9.0.2 untuk iPod Touch


Apabila kalian tidak mengetahui Model Number dari device kalian. Silahkan baca postingan berikut

2. Hubungkan perangkat iOS yang terinstall iOS 9.1 ke PC atau Mac.

3. Biasanya iTunes akan otomatis terbuka. Apabila tidak kalian jalankan secara manual iTunesnya. Setelah itu pilih perangkat iOS seperti gambar di bawah ini.


4. Untuk pengguna Windows : Kalian klik "Shifet" kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol "Check For Update". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

Untuk pengguna Mac : Kalian klik "Option" kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol "Check For Update". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

5. iTunes akan mengkonfirmasi bahwa kalian akan melakukan downgrade ke iOS 9.0.2. Pilih "Update" untuk memulai proses downgrade.

Sekarang kalian cukup menuggu sampai perangkat iOS kalian selesai menginstall iOS 9.0.2. Setelah selesai lakukan pengaturan awal seperti biasa. Selamat Jailbreak kembali..

Jika ada pertanyaan lebih lanjut jangan sungkan untuk bertanya di akun Twitter @Applenesian ya.
Disqus Comments