Sabtu, 17 Oktober 2015

Cara Memperbaiki Masalah Setelah Jailbreak iOS 9 Menggunakan Pangu


Pangu belum lama ini telah merilis tool jailbreak untuk iOS 9 - 9.0.2 untuk perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. Seperti biasanya, pada awal pertama kali sebuah tools jailbreak dirilis pasti ada aja yang mengalami masalah ketika melakukan jailbreak, entah itu stuck pada pertengahan proses, atau kegagalan lainnya.

Nah, jika kalian mengalami permasalahan ketika melakukan jailbreak iOS 9 - 9.0.2 menggunakan Pangu. Coba untuk mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menyelesaikannya.

1. Gagal Jailbreak Setelah Beberapa Kali Percobaan?

Jika kalian selalu gagal jailbreak iOS 9 padahal kalian rasa sudah benar mengikuti langkah-langkah yang diberikan mimin? Nah melihat hal tersebut, Tim Pangu menyarankan untuk
1. Aktifkan Airplane Mode, kemudian coba lagi
2. Reboot/Restart perangkat iOS dan komputer kalian, lalu coba lagi
3. Coba restore perangkat iOS kalian menggunakan iTunes atau bisa dibilang clean install.

Coba pastikan kembali apakah Find My iPhone, Passcode atau Touch ID sudah di non aktifkan apa belum.

2. Stuck di 45%?

Jika pada proses mencapai 45% Boom! Tiba-tiba keluar pesan error "Error occurred in preparing the environment, error code (0A)". Permasalahan ini dikarenakan kalian meng-enkripsi backup perangkat iOS di iTunes.

Untuk menyelesaikan masalah ini kalian dapat menggunakan Pangu versi 1.0.1 yang dapat didownload pada link berikut.

3. Masih Gagal? Coba untuk Clean Install iOS 9 menggunakan iTunes

Saya sendiri menyarankan untuk melakukan clean install terlebih dahulu sebelum melakukan jailbreak iOS 9. Hal tersebut dimaksudkan pada saat di jailbreak perangkat iOS kalian dalam keadaan bersih, tidak ada bekas bekas dari versi iOS sebelumnya. Karena kalau update via OTA dikhawatirkan file-file sampah yang tidak diperlukan untuk iOS 9 masih nyangkut di perangkat iOS kalian.

Sekarang kalian hanya dapat melakukan update ke iOS 9.0.2 dan downgrade ke versi iOS 9.0.1 saja. Tutorialnya dapat dilihat pada kategori Upgrade iOS.

4. Tidak dapat menemukan Settings/Pengaturan untuk Tweak Jailbreak

Jika kalian tidak dapat menemukan pengaturan/settings untuk tweak jailbreak yang telah terinstall, gausah panik ya. Hal itu dikarenakan PreferenceLoader belum di update sehingga tidak support di iOS 9.

Nah PreferenceLoader itu sendiri adalah sebuah utilitas atau bisa dibilang elemen tambahan yang memungkinkan pengaturan dari tweak jailbreak akan muncul di menu 'Settings'. Saya akan mengabarkan jika PreferenceLoader telah support iOS 9.

5. Error /usr/libexc/cydia/cydo error(2)

Salah satu cara menyelesaikan masalah ini adalah restore iOS dari perangkat iOS kalian menggunakan iTunes kemudian jailbreak ulang/kembali.

6. Tombol Start di Pangu Tools Tidak Dapat di Klik?

Jika kalian stuck di "Please connect your device and press start" atau tombol Start di tool Pangu berwarna abu-abu (tidak hijau). Kalian dapat memperbaikinya dengan menginstall iTunes atau mengupdate versi iTunes yang kalian gunakan sekarang. Setelah itu coba kembali.

7. Runtime Error ketika Membuka Tool Pangu?

Pertama-tama kalian uninstall aplikasi iTunes dan beberapa komponen servis lainnya, seperti
  • Apple Software Update
  • Apple Mobile Device Support
  • Bonjour
  • Apple Application Support
Untuk langkah uninstallnya dapat kalian buka Control Panel > Uninstall a Program atau gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Revo Uninstaller. Jangan restart/reboot komputer kalian sampai semua komponen iTunes berhasil di uninstall.

Kemudian download iTunes versi terbaru di apple.com/itunes/download/. Setelah itu install iTunes versi terbaru tersebut. Sekarang coba buka tool Pangu dengan hak akses Administrator, caranya adalah klik kanan pada tool Pangu kemudian pilih "Run as Administrator". Kira-kira gitu aja sih.
Disqus Comments