Kamis, 08 Oktober 2015

Chip A9 Buatan TSMC Lebih Awet Baterai Dibandingkan Buatan Samsung


September lalu, Apple telah mengumumkan chip A9 terbarunya yang akan di tanamkan pada perangkat iOS terbaru milik mereka (iPhone 6S dan 6S Plus) akan dibuat oleh dua vendor yaitu TSMC dan Samsung. Ukuran chip A9 milik Samsung diklaim lebih kecil dibandingkan milik TSMC.

Ternyata ada fakta terbaru yang ditemukan mengenai kedua chip dari vendor tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh pengguna dari Forum MacRumors dan Reddit yang mengatakan bahwa chip A9 asal TSMC lebih hemat daya dibandingkan milik Samsung. Berarti chip selain mempengaruhi performa dari sebuah perangkat iOS dapat juga berdampak pada daya tahan baterai ya. 

Berdasarkan hasil benchmark yang dihasilkan oleh Geekbench 3 yang membandingkan seberapa baikkah chip A9 milik TSMC dan Samsung dalam mempengaruhi daya tahan baterai dari perangkat iOS? Check this out ya..

Kiri : Hasil Benchmark Battery Life dari Chip A9 buatan Samsung | Kanan : buatan TSMC

Bisa kalian lihat perbedaannya cukup signfikan ya. Chip A9 buatan TSMC baterai iPhone 6S Plus dapat bertahan 2 jam lebih lama dibandingkan buatan Samsung.
“Ran this test a couple times and results were consistent. Always about a 2 hour difference in duration. Both phones were tested using the same backup, same settings. Also tried testing them as new phones and results were similar.”
Lalu, Bagaimana caranya untuk mengetahui iPhone 6S dan iPhone 6S Plus yang nanti kalian akan beli chip A9nya berasal dari Samsung atau TSMC? Gampang, kalian download Lirum Device Info Lite yang dapat di download melalui App Store atau iTunes. Setelah itu kalian buka kemudian perhatikan "Model" disitu ada indikatornya, seperti berikut
  • N66AP (iPhone 6S Plus) atau N71AP (iPhone 6S) berarti chip A9nya buatan Samsung 
  • N66MAP (iPhone 6S Plus) atau N71MAP (iPhone 6S) berarti chip A9nya buatan TSMC


Jika kita lihat dari benchmark diatas, pastinya kalian menginginkan iPhone 6S dan 6S Plus yang menggunakan chip A9 buatan TSMC dong ya? Nah, menurut Hiraku Jira seorang developer mengatakan bahwa 70% iPhone 6S yang beredar saat ini menggunakan chip A9 milik TSCM, sedangkan untuk iPhone 6S Plus hanya 40%.


Udah ngertikan sekarang cara mengecek chip A9 dari iPhone 6S dan 6S Plus kalian buatan dari TSMC atau Samsung? 
Sumber : Engadget
Disqus Comments