Minggu, 04 Oktober 2015

Mana yang Lebih Baik dalam Hal Multitasking? iPhone 6S Plus atau Galaxy Note 5?


Apple memperkenalkan generasi terbaru dari iPhone, yaitu iPhone 6S dan 6S Plus yang belum lama ini dan di tahun ini. Tidak mau ketinggalan Samsung pun ikut mengeluarkan produk smartphone terbarunya, yaitu Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5. Memang bukan hal yang baru jika kedua brand ini saling berlomba-lomba mengeluarkan produk smartphonenya untuk kelas flagship. Mengingat kedua brand smartphone ini merupakan yang paling terbesar dan memuncaki pasar smartphone di dunia (Peringkat 1 & 2).

Banyak yang beranggapan produk Samsung terbaru dapat mengalahkan produk iPhone terbaru milik Apple (Oke, ini orang berarti Samsung Fans), dan sebaliknya ada yang beranggapakan bahwa iPhone terbaru milik Apple lebih baik dibadingkan seri terbaru dari Samsung Galaxy (Apple Fanboy nih pasti).

Udah ngga usah saling berdebat, sebuah video buatan PhoneBuff akan menjelaskan kepada kalian performa dari iPhone terbaru milik Apple dan seri Galaxy milik Samsung. Dalam videonya tersebut ia membandingkan Samsung Galaxy Note 5 dengan iPhone 6S Plus. Eitss tunggu dulu, mereka disini ingin membandingkan performa multitasking dari kedua smartphone tersebut. Mengingat Galaxy Note 5 memiliki RAM sebesar 4 GB sedangkan iPhone 6S Plus hanya 2 GB. Lalu, kira-kira manakah yang lebih baik? Yuk langsung aja disimak video di bawah ini.
Dalam tes multitasking ini, si David Rahimi akan membuka 10 aplikasi di kedua smartphone ini secara bersamaan. Bisa dilihat dalam video tersebut iPhone 6S Plus lebih unggul, smartphone terbaru Apple tersebut membutuhkan waktu 49 detik saja untuk membuka 10 aplikasi, berbeda dengan Galaxy Note 5 yang membutuhkan 51 detik.

Kemudian dalam pengujian yang kedua kalinya, bisa terlihat ketika aplikasi permainan Temple Run dibuka untuk kedua kalinya di iPhone 6S Plus si David ini tidak perlu menunggu loading screen pas awal-awal aplikasi dijalankan. Berbanding terbalik dengan Galaxy Note 5.

Kesimpulannya : Besarnya RAM tidak selamanya mempengaruhi performa multitasking dari sebuah smartphone, karena sebenarnya ada faktor-faktor selain dari kapasitas RAM, contohnya seperti iOS dan Android, masing-masing mempunyai kelebihannya masing-masing tapi untuk iOS menurut saya manajemen memorinya lebih baik dibanding Android. Untuk Android saya kurang tahu karena belum pernah mendalaminya.
SumberPhoneBuff
Disqus Comments