Kamis, 24 Desember 2015

Mengenal Fase - Fase Dalam Pengisian Ulang Baterai iPhone dan iPad


Pernahkah kalian merasakan ketika melakukan pengisian ulang baterai/charging di iPhone atau iPad kalian terasa cepat ketika presentase baterai dibawah 90% dan sisanya menjadi lebih lambat? Hal tersebut wajar sih, tidak ada masalah apapun di adapter atau perangkat iOS kalian. Terus kenapa dong min? Ketika mengisi ulang baterai/charging, iPhone kalian akan memasuki dua fase, yaitu Fast Charge dan Trickle Charge.

Untuk lebih lanjutnya mengenai Fast Charge dan Trickle Charge yuk simak penjelasannya berikut.

Note : Adapter = Alat pengisian ulang baterai yang biasa kita sebut Charger.

Fast Charge

Saat kondisi baterai sedang minin atau biasa kita sebut 'low battery' kemudian kalian mencolokkan adapter ke iPhone kalian dan ketika itupun fase Fast Charge akan berlangsung. Jadi, ilustrasinya begini. Saat fase Fast Charge berjalan adapter akan memberikan pasokan listrik secara bertahap dan akan terus meningkat sampai presentase baterai kalian mencapai 80% - 90%. Oleh karena itu, baterai iPhone kalian akan lebih cepat terisi.

Trickle Charge

Mengapa kita butuh Trickle Charge?
Karena baterai rata - rata smartphone terbuat dari lithium ion yang dimana secara kimiawi sangat kurang baik reaksinya ketika 'kelebihan muatan'. Apa maksudnya kelebihan muatan ini? Ketika baterai perangkat iOS kalian sudah penuh tapi ternyata kalian ketiduran atau lupa untuk mencabut adapter dari iPhone kalian. Hal tersebut dapat menyebabkan over-charged yang dapat membahayakan baterai.

Untuk mengatasi masalah diatas, kalian membutuhkan Trickle Charge ini. Karena saat fase ini pasokan listrik yang dihasilkan akan berkurang sampai baterai iPhone kalian terisi penuh (100%).  Jadi, dengan adanya Trickle Charge ini kalian tidak perlu khawatir meninggalkan iPhone/iPad kalian ketika baterainya sudah penuh.

Berikut adalah ilustrasi dari fase Fast Charge dan Trickle Charge



Paradigma yang Salah Dalam Aktifitas Charging

Banyak yang beranggapan kalau alat yang dipakai untuk charging itu namanya adalah Charger. Ternyata anggapan ini adalah salah besar. Mengapa? Karena charger itu sendiri letaknya ada di iPhone atau iPad kalian (Berlaku untuk semua perangkat iOS), bukan alat yang biasa kalian gunakan saat ini. Lalu, apa fungsi dari charger ini? Fungsinya sih lebih ke memanage/mengatur aliran listrik yang masuk ke perangkat iOS kalian agar tidak lebih dan tidak kurang.

Jadi, alat yang sekarang kalian gunakan untuk mengisi ulang baterai itu namanya Adapter (Power Adapter) ya bukan Charger.

Bagaimana cara Memantau Kedua Fase ini?

Karena fase ini tidak dapat kalian lihat. Maka kalian membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama "Battery Doctor" yang dapat di download melalui App Store secara Gratis tis tis! Dengan aplikasi tersebut kalian dapat melihat fase yang sedang terjadi ketika melakukan pengisian ulang baterai iPhone/iPad.

Review mengenai Battery Doctor akan dijelaskan di postingan berikutnya ya.

Punya pertanyaan? Kirim pertanyaan kalian ke email : surat.applenesian@gmail.com atau mention di twitter kami @Applenesian. Terima Kasih.
Disqus Comments