Rabu, 30 Desember 2015

Snapdrop, Solusi Alternatif dari AirDrop untuk Transfer File antar Platform

Jika kalian saat ini menganggap Bluetooth dari iPhone atau iPad tidak dapat digunakan untuk transfer file, anggapan tersebut salah. Nyatanya, Apple menghadirkan AirDrop yang memungkinkan pengguna iOS dan Mac dapat saling berkirim file. Namun, hal tersebut hanya untuk iOS dan Mac saja. Bagaimana dengan berkirim file selain platform tersebut?.


Ada solusinya nih, namanya Snapdrop. Satu hal yang menarik dari Snapdrop ini kalian tidak perlu download aplikasi lagi, karena berbasis aplikasi web (web based). Dengan aplikasi web ini kalian dapat berbagi file ke platform manapun, bisa itu Android, Windows, iOS bahkan Mac sekaligus. Tapi, agar fungsi dari aplikasi web ini dapat berjalan semestinya, perangkat yang akan digunakan untuk saling berkirim file harus terhubung dalam satu jaringan (Wi-Fi) dan sama - sama membuka snapdrop.net.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Let's see.

Cara Transfer File Menggunakan Snapdrop

Sebagai contoh mimin akan mengirim file foto dari iPhone ke laptop Windows. First impression Snapdrop sangat ringan untuk di load untuk pertama kalinya. Kemudian aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi perangkat yang terhubung dalam satu jaringan dan sama - sama membuka https://snapdrop.net/.

1. Buka https://snapdrop.net/ di iPhone kalian via Safari. Pastikan website sudah terbuka sepenuhnya. (Tidak ada loading bar)


2. Kemudian buka https://snapdrop.net/ dari perangkat lainnya (Windows, Android atau Mac).


3. Tunggu sampai kedua perangkat saling terhubung. Jika sudah terhubung di layar akan muncul nama perangkat.

4. Untuk berkirim file dari perangkat iOS kalian, tap pada icon yang letaknya di tengah. Setelah itu akan muncul tiga pilihan, yaitu "Take Photo or Video", "Photo Library" dan "iCloud Drive".


5. Sebagai contoh kalian memilih "Photo Library". Sekarang kalian pilih foto atau video yang akan dikirim. Sayangnya, kalian hanya bisa transfer file satu - satu tidak bisa sekaligus banyak. Setelah itu, di perangkat tujuan pengiriman file akan mendapatkan popup bahwa iPhone kalian akan mengirimkan file. Tekan "Download".

6. Apabila pengiriman file sukses atau gagal akan muncul popup notifikasi yang akan mememberitahu apakah pengiriman berhasil dilakukan atau tidak.

Kelebihan dan Kekurangan dari Snapdrop

Kelebihan :

1. Simple
Dalam hal ini kalian tidak perlu repot - repot menghubungkan perangkat ke USB. Another way to make transfer file simple, right?

2. Aman
File yang kalian dikirim tidak akan disimpan ke server. Karena metode yang digunakan adalah peer-to-peer. Jadi, privasi kalian akan terjamin.

Kelemahan :

1. Jaringan
Kalian membutuhkan sebuah jaringan Wi-Fi agar dapat menggunakan Snapdrop ini. Karena aplikasi ini hanya dapat digunakan ketika kedua perangkat terhubung dalam satu jaringan saja.

2. Single Transfer File
Seperti yang mimin singgung di atas. Kalian hanya dapat mengirim satu file saja dalam satu kali transfer.

Secara overall Snapdrop dapat membantu kalian dalam berkirim file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan mention di Twitter @Applenesian ya. Terima Kasih.
Disqus Comments