Jumat, 29 Januari 2016

Cara Memperbaiki Safari yang Crash atau Error di perangkat iOS

Safari merupakan salah satu aplikasi browser/peramban yang sudah terkenal bagi kalangan pengguna iOS dan Mac. Namun aplikasi Safari ini mengundang banyak perdebatan, mulai dari tidak ada dukungan untuk Flash. Tahun 2010, Steve Jobs pernah mengungkap alasan mengapa Safari tidak mendukung plugin Flash dalam sebuah konferensi yang diadakan oleh D8. Hal tersebut dikarenakan plugin tersebut merupakan pintu masuk atau celah keamanan yang kemungkinan dapat merusak sistem dari perangkat buatannya tersebut.


Selain itu, beberapa hari yang lalu pengguna iOS digegerkan dengan sebuah situs  yang diberinama Crash Safari (www.crashsafari.com) yang dapat membuat aplikasi Safari di perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch menjadi error/tidak responsif, kemudian diikuti dengan perangkat yang restart secara otomatis. Permasalahan ini sedang ditinjau oleh Apple untuk solusinya. Akan tetapi, jika kalian penggunakan perangkat iOS jailbreak dapat menginstall tweak "StopCrashingSafari" buatan Adit Kamath melalui Cydia. Cara memperbaiki crash safari ini bisa kalian lihat pada step - step di bawah ini.

Sebelum kalian mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Pastikan perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch kalian dalam kondisi sudah di jailbreak.
  1. Buka Cydia. Kemudian arahkan ke menu "Source" lalu pilih Add
  2. Tambahkan link repo berikut ini https://repo.aditkamath.com
  3. Setelah berhasil menambahkan link repo di atas pada bagian Source. Sekarang cari "StopCrashingSafari"
  4. Install tweak.

Beberapa pengguna Safari juga mengeluhkan mengalami crash ketika ingin menuliskan link URL di kolom address bar. Apple sendiri belum memberikan solusi dari permasalahan ini. Namun, masalah ini ada kaitannya dengan "Safari Suggestion". Jika kalian mengalami permasalahan ini dapat mengikuti langkah - langkah di bawah ini.
  1. Buka Settings. Scroll kebawah kemudian pilih Safari
  2. Setelah itu, kalian switch ke OFF "Safari Suggestion"

Jadi, itulah hal yang dapat kalian lakukan ketika mengalami crash/error pada Safari di iPhone atau iPad kalian. Apabila ada pertanyaan silahkan mention pertanyaan kalian di twitter @Applenesian. 
Disqus Comments