Selasa, 26 Januari 2016

Situs Ini Sebabkan iPhone dan iPad Crash atau Reboot Secara Otomatis

Jika sebuah situs biasanya menyediakan informasi yang dapat memenuhi kebutuhan pembacanya. Lalu, bagaimana jika situs tersebut berubah fungsi menjadi 'perusak'?. Menurut laporan di beberapa media internet, terdapat sebuah situs yang dapat menyebabkan iPhone dan iPad crash atau reboot secara otomatis bernama Crash Safari (crashsafari.com) [Catatan: Jangan coba - coba untuk di klik linknya ya].


Apple sendiri saat ini masih mempelajari apa elemen - elemen apa saja yang terdapat di situs tersebut sehingga menyebabkan masalah seperti itu dan mencari solusi dari masalah ini. Sebenarnya ketika kalian membuka alamat link ini yang akan muncul hanya tulisan "What were you expecting?" dan ketika diliat sourcenya hanya terdiri dari beberapa baris kode skrip saja. Akan tetapi entah kenapa yang terjadi adalah aplikasi browser (Safari) menjadi tidak respon kemudian di ikuti dengan iPhone yang melakukan reboot secara otomatis.

Crash Safari ini tidak hanya bermasalah di Safari milik iPhone dan iPad saja. Saya sendiri sudah mencoba membuka link tersebut di Google Chrome Windows dan hasilnya, Google Chrome menjadi malfungsi (tidak bisa digunakan) dan memaksa saya untuk membuka task manager untuk menutup aplikasi Google Chrome ini.

Saat ini tidak ada indikasi bahwa Crash Safari mengandung malware (program jahat). Pengguna yag tidak sengaja mengklik link tersebut juga tidak mengalami masalah apa - apa setelah perangkatnya reboot secara otomatis.

Menurut data yang didapat dari akun Twitter @FSLabs ternyata link crashsafari.com ini sudah di klik sebanyak seratus ribuan klik dan 93.000+ klik berasal dari perangkat iOS. Terdapat kemungkinan jumlah klik tersebut akan bertambah.
SumberVenturebeat | iPhonehacks
Disqus Comments