Jumat, 12 Februari 2016

3 Aplikasi Musik Terbaik iPhone Pengganti Apple Music

Musik merupakan suatu hal yang bisa dibilang kebutuhan untuk manusia dalam menjalankan aktifitasnya sehari - hari. Menurut Friedrich Nietzsche seorang filosofi terkenal di Jerman mengatakan "Without music, life would be a mistake" (Hidup tanpa musik, seperti hidup tanpa arah). Lebay ya? Ngga juga sih, namanya juga obrolan filosofi pasti ada aja kata - kata metaforanya.


Dalam studi penelitian yang dilakukan Heriot-Watt University, genre musik ternyata dapat menentukan kepribadian seseorang. Penelitian tersebut melibatkan 36.518 relawan yang sebelumnya mereka harus memilih 1 dari 104 jenis musik. Hasilnya?

  1. Penggemar musik Blues & Jazz identik dengan sifat outgoing, tenang, harga diri yang tinggi dan tenang
  2. Penggemar musik Klasik identik dengan sifat introvert, daya tanggap yang cepat, dan tenang
  3. Penggemar musik Rock, Metal-Heavy Metal identik dengan sifatnya yang gentle, tidak mudah menerima perubahan, kreatif dan bukan tipe orang pekerja keras.
Kira - kira itulah sekilas mengenai penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Heriot-Watt University. Terdapat kemungkinan hasil dapat berbeda - beda untuk setiap individuya guys.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, banyak sekali pengembang aplikasi yang membuat sebuah aplikasi musik yang dapat digunakan secara online maupun offline. Apple sendiri belum lama ini merilis layanan streaming musiknya yang dinamakan "Apple Music". Meskipun umurnya masih sebiji jagung, tapi mereka mengklaim sudah mendapatkan jutaan pengguna aktif. Namun, untuk dapat menggunakan Apple Music pengguna iPhone, iPad atau iPod Touch harus menggunakan versi iOS 9.

Selain itu, kalian akan dikenakan biaya berlangganan bulanan untuk dapat terus menggunakan layanan Apple Music. Nah, jika kalian ingin memiliki aplikasi musik terbaik yang fungsinya mirip dengan Apple Music, mimin punya daftarnya. Mau tau? Check this out!


1. Spotify


Pertama adalah Spotify. Layanan streaming musik asal Swedia ini bisa dikategorikan populer pake banget. Mengapa? Perbulannya mereka memiliki 75 juta pengguna aktif dan 20 juta pengguna Premium. Angka yang fantastis bukan?. Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat digunakan di Indonesia dan otomatis kalian tidak dapat download Spotify via App Store. Apabila masih kekeh untuk menggunakan Spotify kalian dapat menggunakan tweak jailbreak SpotiuM atau yang serupa tapi dengan konsekuensi perangkat iOS sudah di jailbreak terlebih dahulu. Oh iya guys, untuk bisa dengerin musik tanpa koneksi kalian harus menggungkan akun premium yang bisa di upgrade. Banyak kok yang jual Spotify Gift Card, mirip - mirip iTunes Gift Card lah..

2. Deezer


Berikutnya adalah Deezer. Aplikasi streaming musik berasal dari Perancis dan didirikan oleh om Daniel Marhely dan Jonathan Benassaya. Saat ini tercatat kalau Deezer memiliki 40 juta lagu berlisensi, 30 ribu channel radio dan 16 juta pengguna aktif perbulannya. Angka tersebut menjadikan aplikasi musik ini menjadi pilihan terbaik kalian untuk mendengarkan musik secara Online maupun Offline. Akan tetapi untuk mendengarkan musik secara Offline kalian harus download lagu yang kalian inginkan melalui Deezer dan fitur ini hanya dapat digunakan oleh pengguna berbayar (Premium).


3. JOOX


Terakhir kita punya JOOX (berasal dari kata "jukebox" atau kotak musik). Aplikasi ini merupakan buatan perusahaan developer aplikasi yang mengembangkan aplikasi instant messaging yang populer yaitu WeChat. JOOX bisa dibilang pendatang baru dalam industri streaming musik, karena aplikasi ini baru diluncurkan pada Oktober 2015. Sama seperti yang lainnya untuk dapat mendengarkan musik secara Offline kalian harus menggunakan akun VIP (Biar kedengerannya lebih wah dibandingkan kata "Premium").

Sekarang tinggal kalian pilih mau pake yang mana. Semuanya bagus kok, dan ada kekurangan dan kelebihannya masing - masing.
Disqus Comments