Selasa, 16 Februari 2016

Apple akan Perbaiki Bug Tanggal '1970' di Update iOS Berikutnya


Jika kemarin pengguna iPhone mengeluhkan mengalami Error 53 yang dikarenakan komponen Touch ID yang mereka gunakan tidak sesuai standar Apple. Ternyata baru - baru ini dalam beberapa video yang di unggah ke internet oleh pengguna iOS terutama iPhone, mereka menemukan bug baru dari iOS yaitu ketika mereka mengubah tanggal ke 1 Januari 1970, seketika perangkat iPhonenya akan melakukan booting secara terus menerus alias brick (bukan prison brick ya) setelah proses reboot berlangsung.

Mau liat contoh bugnya? Kalian bisa lihat video dibawah ini buatan Zach Starley.
Menurut laporan dari sumber, bug ini hanya terjadi di perangkat iPhone yang menggunakan prosesor 64 bit (contohnya seperti iPhone 5s sampai ke yang paling baru). Namun, uniknya perangkat 32 bit malah tidak mengalami bug seperti yang saat ini sedang heboh. Saat ini disarankan untuk tidak mencoba mengubah tanggl ke tahun 1970. Agar terhindar dari kejahilan teman kalian yang mengetahui bug, saat ini jangan meminjamkan iPhone ke sembarang orang ya.

Sebenernya ada sih solusi untuk permasalahan ini, lebih tepatnya pertolongan pertama. Caranya min? Gampang kok, kalian biarkan saja logo Apple muncul sampai baterai kalian habis dan setelah itu kalian charge kembali sampai iPhone hidup kembali atau kalian bisa Restore perangkat kalian via mode DFU.

Untuk mencegah bug ini kembali muncul Apple berjanji akan memperbaikinya dalam update iOS berikutnya. Seperti yang diungkap dalam halaman support mereka yang mengatakan "An upcoming software update will prevent this issue from affecting iOS devices. If you have this issue,contact Apple Support.". Meskipun begitu, kita masih belum dapat mengetahui perbaikan bug tanggal ini akan ada di iOS versi berapa.

Jadi, guys berhati - hati ya mulai sekarang. Jangan sampai kejadian bug ini menimpa iPhone kalian yaaa.

SumberZach Starley | 9to5mac
Disqus Comments