Kamis, 04 Februari 2016

CFO Sony Sebut Tahun 2017 adalah Era Smartphone dengan Dual Kamera

Dalam laporan keuangan perusahaan kuartal ketiga tahun 2015 kemarin, CFO (Chief Finance Operation) Sony Corporation, Knichiro Yoshida mengatakan tahun 2017 merupakan era smartphone dengan kamera berlensa ganda (dual-lens camera).
“takeoff of smartphone with dual lens camera will be in the year of 2017”, said Yoshida on earning call Q3 2015

Apalagi saat ini banyak sekali smartphone yang mengadopsi teknologi sensor kamera milik Sony, salah satunya adalah Apple dengan perangkat iOS nya. Namun begitu, Yoshida tidak ingin mengungkap perusahaan smartphone mana saja yang menggunakan teknologi kameranya tersebut. Sebelumnya, teknologi lensa ganda ini sudah digunakan terlebih dahulu oleh HTC di smartphone M8 nya. Lalu, menurut rumor yang beredar Apple akan menggunakan teknologi dual-lens camera ini di generasi iPhone selanjutnya, yaitu iPhone 7 Plus.

Apple sendiri berencana untuk menggunakan dual-lens milik perusahaan kamera berasal dari Israel yaitu LinX di iPhone 7 Plusnya, tetapi Apple masih akan menggunakan teknologi sensor kamera milik Sony di generasi iPhone terbaru itu. Kemudian mereka juga mengatakan bahwa telah menguji sample dual-lens camera buatan pabrik yang berada di Taiwan, Tiongkok, dan Jepang.

Selain itu, Yoshida menyatakan bahwa pasar smartphone kelas High-end sedang mengalami penurunan atau perlambatan dalam penjualannya. Oleh karena itu, dia memiliki kesimpulan teknologi dual-lens camera (kamera berlensa ganda) ini akan mulai digunakan pada tahun 2017 nanti.
Analyst: “Do you have thoughts from dual camera adoption over the next one to two years and the impact from some of these operations?”

Kenichiro Yoshida (Chief Financial Officer of Sony Corporation): “Well, for next year, our so-called dual lens – dual camera platform will be launched by, we believe, from major smartphone players. However, as I said previously, recently, our smartphone market is growing and particularly, our high-end smartphone market is now slowing down. So, that may impact the demand or production schedule of dual camera smartphones by the major smartphone manufacturers. So, we believe the real start, the takeoff of smartphone with dual lens camera will be in the year of 2017.”
Akan tetapi, tanggapan Yoshida ini mengundang pro dan kontra. Beberapa analisis telah mengatakan bahwa perangkat iPhone tahun ini sedang berada di puncak di bandingkan smartphone kelas atas lainnya. Selama ini, penjualan iPhone selalu meingkat setiap tahunnya. Jadi, kemungkinan di tahun ini analisis menyimpulkan Apple tidak perlu mengkhawatirkan penjualan iPhonenya akan lesu di tahun ini.

Jika memang benar Apple akan menggunakan dual-lens camera ini di iPhone 7 Plus itu berarti iPhone 7 akan tetap menggunakan single-lens camera. Debut dari dual-lens camera akan dimulai pada akhir tahun 2016, sekitar bulan September.

Terlepas dari rumor iPhone 7 Plus ini. Bulan depan Apple akan menggelar Apple Event tahunannya dan rumornya iPhone 5se, iPad Air 3, tali baru untuk Apple Watch dan kemungkanan Apple Watch [s] akan diperkenalkan di acara tersebut. So, surprise apa yang akan di buat oleh Apple pada Apple Event Maret nanti?.

SumberXperiablog | Macrumors | Redmondpie

Image by Computer Bild
Disqus Comments