Kamis, 25 Februari 2016

iOS 9.3 Beta 4 Hadirkan Perbaikan Bug Tanggal '1 Januari 1970'

Pertengahan Februari tahun ini, pengguna iOS dikhawatirkan dengan sebuah bug baru yang dapat membuat perangkat iPhonenya tidak dapat digunakan (brick). Bug ini dapat terjadi ketika kalian secara sengaja/tidak sengaja mengubah tanggal ke 1 Januari 1970, memang terdengar simple tapi dampaknya itu loh guys! Siap - sipa buat restore ulang via DFU.


Walaupun bug ini hanya dialami oleh pengguna yang menggunakan iPhone berintikan prosesor 64-bit, seperti iPhone 5s sampai ke yang paling baru. Apabila saat ini kalian memiliki perangkat iPhone seperti 4s, 5 dan 5c bug ini tidak akan terjadi (berdasarkan sumber).

Mengetahui bug tersebut Apple berjanji untuk merilis perbaikan bug di update selanjutnya. Beberapa hari kemudian, Apple merilis iOS 9.2.1 (13D20) untuk perangkat iPhone 5s, iPhone 6 & 6 Plus, dan iPhone 6S & 6s Plus.


Perbaikan bug ini tidak hanya hadir di iOS 9.2.1 (versi khusus), namun dalam update iOS 9.3 Beta 4 untuk publik, nampaknya Apple telah mencegah/membatasi pengguna untuk tidak dapat mengubah tanggal ke 31 Desember 2000 sampai ke yang lebih lama. So far, cara ini terbilang efektif ya untuk menghindari bug tanggal '1 Januari 1970'. Seperti yang dikutip dari MacRumors Forum yang menyebutkan bahwa ternyata masalah bug tanggal ini akan menghilang apabila pengguna telah melakukan restore ke iOS 9.3 Beta 4 ini, dan ternyata restore via DFU masih belum ampuh untuk mengatasi bug ini.
This update fixed the 1970 date bug. Had two retail units stuck in boot loops do to some pricks setting the date to 1970 and restoring in DFU mode did not help. But restorting to this BETA update made both devices go back to normal.
Walaupun saat ini iOS 9.3 masih dalam versi Beta untuk publik dan developer. Namun, nampaknya iOS 9.3 diharapkan lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Ya minimal seperti iOS 7/8 lah ya guys.

SumberMacrumors
Disqus Comments