Rabu, 10 Februari 2016

Penjelasan Error 53 Saat Restore via iTunes

Touch ID merupakan sebuah sensor yang ditanamkan oleh Apple dengan maksud memudahkan penggunanya untuk melakukan aktifitasnya di iPhone, contohnya seperti membuka lock screen (layar kunci), verifikasi pembayaran aplikasi di iTunes, Apple Pay dan lain - lainnya.

Seperti yang dikutip dari Guardian, beberapa pengguna iPhone mengeluhkan munculnya kode "Error 53" atau "The iPhone [device name] could not be restored. An unknown error occurred (53)." saat upgrade atau restore ke iOS 9. Hal tersebut dialami oleh pengguna iPhone yang memperbaiki sensor Touch ID di tempat servis selain Apple Service Center atau Tempat Servis yang terpercaya dan terjamin kualitasnya.


Mengapa pesan "Error 53" itu bisa muncul? Kyle Wiens, dari iFixit mengatakan masalah tersebut muncul dikarenakan si tukang servis ini mengganti home button atau kabel secara disengaja atau tidak sengaja dan bisa dibilang komponen ini tidak original (tidak sesuai standar Apple). Sehingga dampaknya adalah ketika proses upgrade iOS iPhone akan memverifikasi komponen utamanya. Jika tidak lolos, maka secara otomatis iPhone akan mengunci dirinya sendiri dan pesan error pun akan muncul.

Menurut juru bicara dari Apple yang memberikan pernyataan mengenai pemasalahan ini. Ia menyebutkan Apple sangat sensitif dengan keamanan penggunanya. Oleh karena itu, iOS memiliki prosedur pengecekan komponen untuk memastikan komponen tersebut sesuai atau tidak dengan iPhone atau iPad milik pengguna. Karena masalah ini ada kaitannya dengan Touch ID, dimana sensor ini digunakan untuk memverifikasi pembayaran melalui Apple Pay. Jadi, intnya Apple ingin mencegah semua tindakan penipuan yang dapat terjadi dari komponen yang satu ini.

We take customer security very seriously and Error 53 is the result of security checks designed to protect our customers. iOS checks that the Touch ID sensor in your iPhone or iPad correctly matches your device’s other components. If iOS finds a mismatch, the check fails and Touch ID, including for Apple Pay use, is disabled. This security measure is necessary to protect your device and prevent a fraudulent Touch ID sensor from being used. If a customer encounters Error 53, we encourage them to contact Apple Support.
Namun, banyak dari pengguna yang sudah mengalami hal ini merasa kecewa karena Apple tidak memberitahukan ini sejak awal. Bahkan dokumentasi mengenai "Error 53" baru muncul sekarang - sekarang ini yang menyebutkan kalau pesan error ini berkaitan dengan Home Button yang diganti atau di perbaiki.


Jika kalian mengalami permasalahan ini, ada baiknya mengunjungi Apple Service Center atau Tempat Service Terpercaya, seperti iBox atau e-Store. Saran mimin sih dari sekarang kalau ada tombol atau komponen di iPhone kalian yang rusak lebih baik langsung ke tempat yang barusan mimin sebutkan ya. Mahal sedikit gapapalah ya daripada kedepannya muncul masalah.

SumberApple | iPhonehacks
Disqus Comments