Kamis, 10 Maret 2016

Cara Mematikan Efek Animasi SpringBoard di iOS tanpa Jailbreak

Jika saat ini kalian menganggap iOS 9 tidak responsif atau sedikit lemot. Hal tersebut mungkin dikarenakan efek animasi SpringBoard yang merupakan fitur spesial yang di hadirkan oleh Apple untuk pengguna iOS. Namun, jika kalian ingin meminimalisir efek animasi ini, dapat mengaktifkan "Reduce Motion" melalui menu Settings dari perangkat iOS.


Mungkin buat kalian yang sudah mengaktifkan "Reduce Motion" efek animasi masih akan muncul namun tidak selebay saat sebelum fitur ini diaktifkan. Oh iya, jika kalian tidak mengetahui efek animasi yang dimaksud, coba kalian buka sebuah aplikasi kemudian tekan tombol Home nanti pasti kalian akan melihat efek animasi seperti fade out gitu, ya kan? Nah, untuk menonaktifkan efek animasi ini caranya mudah, kalian cukup mengikuti step - step di bawah ini seperti yang dipaparkan oleh cn98 di Reddit.

1. Buka menu Settings. Kemudian pilih Accessibility.
2. Pilih Assistive Touch. Lalu, aktifkan.
3. Sekarang kembali ke Home Screen kalian. Kemudian drag tombol Assistive Touch ke pojok kanan bawah.
4. Kemudian Swipe/Usapkan layar ke arah bawah sampai muncul Spotlight.
5. Setelah itu Swipe/Usapkan layar ke arah atas.
6. Lakukan step 4 dan 5 kurang lebih 3 kali. Untuk memastikan efek animasi sudah tidak aktif, coba buka aplikasi kemudian tekan tombol Home, apa yang terjadi? Jika efek animasi masih muncul silahkan lakukan kembali step 4&5 kurang lebih 20 kali lah.
“For those that have still not gotten it to work… Start off with the assistive touch button in the right hand lower corner of the screen. Every time you slide down in spotlight search make sure you wait for the assistive touch button to move on top of the keyboard and continuously repeat steps 3 and 4,” explains cn98 on Reddit.
Catatan: Efek animasi akan hilang selama iPhone atau iPad kalian tidak di reboot. Jika sudah di reboot trik ini akan hilang.

Tutorial lengkap dari Trik ini kalian dapat melihat video di bawah ini buatan 9to5Mac
Sumber: 9to5Mac
Disqus Comments