Cara Memperbaiki iPhone yang Tidak Mau Nge-Charge

Pernahkah kalian mengalami iPhone yang tidak dapat di charge padahal sudah terhubung ke sumber powe...

Pernahkah kalian mengalami iPhone yang tidak dapat di charge padahal sudah terhubung ke sumber power yang baik?. Tunggu dulu, jangan mengklaim baterai kalian perlu diganti karena ada dua faktor yang dapat mempengaruhi masalah ini, contohnya charging port iPhone kalian sendiri yang bermasalah (Faktor Internal) atau power adapter atau biasa dibilang charger kalian yang sudah tidak dapat digunakan kembali (Faktor Eksternal).


Jika memang mengalami masalah seperti yang disebutkan diatas ada lebih baiknya kalian mengidentifikasi dulu penyebab kenapa iPhone kalian tidak bisa mengisi ulang baterai. Ada langkah - langkah yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki dan membantu mengidentifikasi penyebab dari masalah ini. Mau tahu? Check this out!

1. Restart iPhone

Cara ini merupakan hal yang harus kalian coba pertama kali, karena metode ini dianggap cukup ampuh mengatasi masalah yang terjadi di iPhone. Adapun cara untuk restart iPhone kalian dengan cara Tekan tombol Home + Power secara bersamaan sampai layar iPhone mati dan kemudian muncul logo Apple.

Tombol Home atau Power kalian tidak berfungsi? Tenang ada cara alternatif untuk merestart iPhone kalian tanpa harus menekan salah satu tombol tersebut yang bisa kalian baca lebih lengkapnya di Cara Restart iPhone Tanpa Menekan Tombol Home atau Power

2. Masalah dari iOS nya? Mungkin saja!

Jika cara diatas masih tidak menyelamatkan iPhone mu dari kerusakan. Kalian bisa coba untuk merestore ulang ke iPhone ke kondisi seperti semula. Tapi ada hal yang harus diperhatikan sebelum restore iPhone kalian, seperti berikut.
a). Pastikan kalian sudah backup data iPhone kalian (Seperti gambar, musik, kontak dll. yang menurut kalian penting)
b). Selalu cek versi iOS berapa yang masih bisa di install di iPhone kalian pada link berikut.
c). Pengguna Jailbreak sebaiknya tidak melakukan cara ini ya, kecuali ngga mau pake iPhone Jailbreak lagi.

Fix harus ganti baterai nih min? Belum! Masih ada yang harus kalian identifikasi, karena dua langkah diatas hanyalah mengecek apakah ada masalah dari sisi Software (Sistem Operasi iOS nya sendiri).

Lanjut yaa....

3. Cek Kabel USB


Sekarang waktu make sure (pastikan) kalau kabel USB kalian dapat berfungsi secara baik. Bagaimana caranya?

Pertama, kalian bisa cek kondisi kabel apakah sudah ada tanda - tanda terkelupasnya kulit pelindung charge kalian? Bisa saja kan kalian lagi galau terus ngga sengaja gigit - gigit itu kabel USB >_<. Apabila masih sehat kita lanjut ke step kedua ya.

Kedua, coba hubungkan kabel USB ke komputer atau laptop. Lalu, colokkan ke iPhone kalian. Lihat, apakah ada tanda tanda iPhone melakukan proses charging baterai? Ngga ada efek apa  - apa? Oke mungkin ada indikasi kabel USB kalian bermasalah.

FAQ

A. Min, kalau iPhonenya dalam posisi mati gimana?
Gampang aja kok, ketika kalian melakukan langkah nomor kedua ini, di layar iPhone kalian akan muncul tanda baterai low battery apabila kabel USB masih dapat berfungsi secara normal. Jika tidak muncul apa - apa di layar itu artinya kabel USB kalian sudah bermasalah.

B. Muncul min logo 'low battery', tapi ngga mau hidup - hidup. Kenapa ya?
Jika begitu, berarti kabel USB kalian masih dapat berfungsi dengan baik. Namun baterai kalian tidak dapat di isi ulang. Menurut pengalaman mimin, jika kalian mengalami masalah tersebut berarti ada masalah di baterai kalian dan disarankan untuk langsung ganti ya. Syukur - syukur cuma baterai ya, kalo sampe komponen dalemnya duh repot euy mahal!

4. Cek Kepala Charger


Kabel USB sehat? Nah, ada satu lagi nih yang harus kalian cek "Kepala Charger/Power Adapternya". Kenapa? Karena kalian tahulah kabel USB dan kepala charger itu tidak menempel, bisa di lepas-pasang kayak Lego.

Untuk memastikan kepala charger/power adapter kalian dapat berfungsi dengan baik. Caranya mudah kok, coba hubungkan charger kalian (Kepala Charger + Kabel USB yang masih sehat) ke colokkan listrik kemudian hubungkan ke iPhone. Apa yang terjadi? Tidak ada respon? Bisa jadi penyebab iPhone kalian tidak bisa di charge karena kepala charger yang rusak.

Jika kalian masih tidak yakin dengan penjelasan yang ada di Nomor 3 dan 4. Kalian bisa coba pinjam charger teman kalian yang masih berfungsi dengan baik loh ya. Kalo masih ngga bisa yaudah berarti ada masalah di iPhone kalian, syukur - syukur cuma ganti baterai doang loh ya.

5. Cek Charging Port


Apabila kalian rasa tidak ada masalah iOS, kabel usb atau kepala charger yang rusak. Maka kalian perlu coba cek charging port iPhone kalian, bisa jadi ada debu yang menempel. Sekarang coba kalian bersihkan dengan kain tipis atau di tiup dengan blower kecil. Kenapa? Karena debu dapat menghalangi arus listrik antara pin charging port iPhone dengan pin kabel usb. Jika sudah dibersihkan silahkan coba lagi deh ya.

Kira - kira itu aja sih yang bisa kalian lakukan untuk memastikan kenapa iPhone kalian tidak bisa di charge atau ngecas. Misalkan kalian sudah memastikan bahwa tidak ada masalah iOS, charger dan charging port iPhone kalian mimin sarankan untuk membawanya ke tempat servis Apple yang terpercaya dan terjamin.

Misalkan kalian membutuhkan atau saat ini sedang mencari tempat servis yang bisa di percaya untuk memperbaiki iPhone kalian bisa percayakan ke teman kita yang satu ini Macbiruni. Gratis pengecekan unit atau konsultasi via Line @macbiruni (pake @ ya) atau Twitternya di Macbiruni.

Baca Juga

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Apple Event,31,Apple HomeKit,1,Apple Pay,12,Apple TV,9,Apple Watch,61,Applenesian Story,1,Best Apps,11,Buyers Guide,1,Campaign,4,Compare,12,Discount iOS Apps,1,Downgrade iOS,8,Download iOS,4,Download Jailbreak Tool,3,iMac,6,iOS 10,18,iOS Apps,41,iOS News,81,iPad,22,iPhone,78,iPhone 7,24,iPod,2,Jailbreak iOS,20,Jailbreak News,25,Macbook,20,macOS,4,News,125,Paid to Free Apps,7,Pokemon Go,10,Promotion,1,Review,1,Samsung,12,SSH Blobs,4,Tips and Trick,42,Troubleshooting,37,Tutorial,58,Tweak Jailbreak,12,Upgrade iOS,13,Wallpaper,1,Watch Apps,2,watchOS,4,
ltr
item
Applenesian: Cara Memperbaiki iPhone yang Tidak Mau Nge-Charge
Cara Memperbaiki iPhone yang Tidak Mau Nge-Charge
https://4.bp.blogspot.com/-ja2fvTsu7tg/Vxru2tyz_xI/AAAAAAAAGto/BpisdYH0mLogrfkGNDWKRT75Db655mDbwCLcB/s640/my-iphone-wont-charge.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-ja2fvTsu7tg/Vxru2tyz_xI/AAAAAAAAGto/BpisdYH0mLogrfkGNDWKRT75Db655mDbwCLcB/s72-c/my-iphone-wont-charge.jpg
Applenesian
http://www.applenesian.com/2016/04/cara-memperbaiki-iphone-yang-tidak-mau-nge-charge.html
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/2016/04/cara-memperbaiki-iphone-yang-tidak-mau-nge-charge.html
true
7556057504832107625
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy