Minggu, 24 April 2016

Inilah Alasan Kenapa iPhone 7 Harus Memiliki Fitur "Wireless Charging"

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar yang selalu berinovasi setiap tahunnya untuk perangkat seluler andalannya yang kita kenal dengan nama iPhone. Jika tahun lalu, Apple berinovasi dengan menghadirkan fitur aksesibilitas 3D Touch di iPhone 6s dan 6s plus yang bisa dibilang fitur ini adalah fitur shortcut dari sebuah aplikasi yang sudah mendukung 3D Touch. Misalkan, kalian ingin memotret selfie melalui aplikasi kamera cukup menekan dan tahan pada aplikasi tersebut kemudian akan muncul pilihan "Take Selfie"

Tahun ini, Apple telah merilis iPhone 4 inch bertenaga iPhone 6s yang diberi nama iPhone SE. Selain itu, Apple juga akan memperkenalkan iPhone generasi baru lainnya yang menurut rumornya bakal di namakan iPhone 7. Seperti biasa, sebelum kemunculan produk terbaru dari Apple pasti tidak jauh dengan rumor - rumor mulai dari rumor spesifikasi, desain, fitur dan lain - lainnya.


Menurut Macworld, iPhone 7 nantinya akan memiliki fitur seperti kemudahan akses layar sentuh walaupun menggunakan sarung tangan yang disebut Glove Touch Detection dan saat ini sudah di patenkan oleh Apple. Kemudian berikut adalah Wireless Charging. Memang terdengar hadirnya fitur ini telat datangnya, karena kompetitornya Samsung sudah lebih dulu menghadirkan fitur ini di Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge.

Sepertinya memang Apple perlu menghadirkan fitur Wireless Charging, Kenapa? Karena menurut laporan yang di buat oleh J.D. Power menyatakan kalau Wireless Charging dan pemindai sidik jari dapat meningkatkan tingkat kepuasan dari pengguna sebuah perangkat smartphone. Hal tersebut dikarenakan kemudahan dalam menggunakannya.

Dalam studi yang dilakukan oleh J.D. Power didapatkan smartphone yang memiliki fitur Wireless Charging memiliki angka kepuasan pelanggan (statiscation consumer point) 28 lebih tinggi dibandingkan yang smartphone yang tidak memiliki Wireless Charging dengan score 852 vs 824.
Wireless charging is also associated with high overall satisfaction. According to the study, satisfaction is 28 points higher for smartphones that are enabled with wireless charging, compared with those that do not have this feature (852 vs. 824, respectively). - J.D Power
Menurut Kirk Parsons, Senior Director and Technology, Media, & Telecom Practice Leader dari J.D Power mengatakan bahwa baterai itu adalah sumber kehidupan dari smartphone, sehingga jika fitur Wireless Charging ada dalam sebuah smartphone hal tersebut dapat berdampak positif untuk konsumen, seperti naiknya tingkat loyalitas konsumen dari suatu brand smartphone.
"Batteries are the life force of a mobile device, and advanced technology that can improve overall usability such as wireless charging can have a significantly positive impact on the overall user experience," said Kirk Parsons, senior director and technology, media & telecom practice leader at J.D. Power.

When customers are satisfied with the selection of their smartphone model, the device manufacturer and carrier can benefit through customer loyalty and repurchase intent.
Ilustrasi Wireless Charging

Lalu, alasan kenapa Apple harus menghadirkan fitur "Wireless Charging" ini di iPhone 7 itu apa min?

Salah satunya adalah hasil study yang dilakukan oleh J.D. Power yang telah melakukan survey kepada pengguna iPhone mengenai fitur apa yang diharapkan ada di iPhone 7 nantinya. Hasilnya? 49% pengguna menginginkan Wireless Charing ada di iPhone 7, disusul dengan "seamless voice control" dan "face recognition/biometric security/fingerprint scanne" sebanyak 19% masing - masing.

Jadi, kira - kira itu sih alasan kenapa Apple harus menghadirkan fitur "Wireless Charging" di iPhone 7. Sisanya tergantung Apple aja sih bagaimana kedepannya, apakah akan ada fitur seperti yang dibahas barusan atau tidak.

SumberPR Newswire
Disqus Comments