Minggu, 10 April 2016

[Video] Uji Daya Tahan Baterai iOS 9.3.1 vs iOS 9.2.1, Mana yang Lebih Baik?

Apple telah merilis iOS 9.3 beberapa minggu yang lalu dengan menambahkan beberapa fitur salah satunya adalah Night Shift, dengan fitur tersebut dapat membuat layar iPhone kalian lebih nyaman untuk di lihat. Mengapa? Karena fitur ini akan mengurangi intensitas cahaya biru (blue light) yang ternyata dapat membahayakan kesehatan mata dan dapat mengurangi kualitas tidur pengguna. Sayangnya, fitur ini tidak dapat digunakan di perangkat iPhone dengan prosesor 32 bit (Contoh: iPhone 5).

Image by WCCF Tech

Kemudian, belum lama ini Apple kembali merilis penyempurnaan dari iOS 9.3 dengan merilis iOS 9.3.1 dengan perbaikan bug Safari. Seperti yang kita ketahui setiap muncul update iOS terbaru itu berarti terdapat perbaikan atau peningkatan baik dari sisi performa atau fiturnya. Namun, Apple tidak pernah menggubris mengenai peningkatan performa baterai (dalam arti peningkatan daya tahan baterai) setiap merilis update iOS terbaru. Melihat hal ini, iApplebytes berusaha untuk mencoba me-review apakah ada peningkatan daya tahan baterai dalam update iOS 9.3.1 ini? Penasaran?

Dalam video dibawah ini yang di publish oleh iApplebytes ini, mereka membandingkan daya tahan baterai iOS 9.3.1 dengan iOS 9.2.1 di iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s dan iPhone 6 menggunakan Geekbench , Kenapa harus dibandingkan dengan iOS 9.2.1? Iya, karena kalo bandingkannya dengan iOS 9.3 kemungkinan hasilnya akan sama.
Bagaimana? Sudah melihat perbedaannya? Dalam video di atas iOS 9.3.1 ternyata dapat membuat perangkat iPhone kalian bertahan 2-3 menit lebih lama dibandingkan menggunakan iOS 9.2.1.


Jika kalian lihat gambar diatas, nampak kalau iPhone 5 yang menggunakan iOS 9.2.1 lebih baik daya tahan baterainya dibandingkan yang menggunakan iOS 9.3.1. Kemudian untuk pengguna iPhone 4s kalian dapat berbahagia karena perangkat kalian dapat bertahan 5 menit lebih lama menggunakan iOS 9.3.1 dibandingkan hanya menggunakan iOS 9.2.1.

Sekarang pertanyaannya adalah "Apakah perangkat iPhone kalian direkomendasikan update ke iOS 9.3.1?". Jawabannya: Bisa iya bisa tidak. Iya, dalam arti kalian memang menginginkan fitur Night Shift dan tergiur dengan optimasi baterai iOS 9.3.1. Tidak, jika kalian adalah pengguna jailbreak.
Disqus Comments