Sabtu, 14 Mei 2016

Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp di PC atau Laptop

Saat ini banyak sekali aplikasi instant messaging yang mungkin sudah terinstall di iPhone kalian, contohnya WhatsApp. Aplikasi yang telah di akusisi oleh Facebook pada Februari tahun 2014 seharga $19 miliar (Itu duit semua?). Katanya sih menjadi biaya akusisi termahal pada waktu itu. Mimin rasa setelah perusahaannya di akusisi yang punya WhatsApp langsung pergi haji, mirip - mirip Haji Sulam lah.


Mengusung aplikasi chatting yang simple dan ringan, WhatsApp pada bulan Februari lalu mengklaim bahwa mereka sudah memiliki 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Angka yang fantastis bukan?. Salah satu alasannya adalah aplikasi ini dapat berjalan di platform paling jadul seperti Symbian, contohnya Nokia S60. Oke banget kan?

Jika sebelum - sebelumnya kalian hanya bisa menggunakan WhatsApp di PC/Windows berbasis web. Beberapa hari yang lalu pihak WhatsApp telah merilis aplikasi WhatsApp untuk Windows dan Mac OS X. Sepertinya WhatsApp tidak ingin kalah dengan LINE yang sudah membuat aplikasinya tersebut dapat berjalan di platform Windows dan Mac OS X.

Oke, penjelasannya sudah cukup. Sekarang mimin ingin membagikan tutorial bagaimana cara menggunakan aplikasi WhatsApp di PC atau Laptop. Let's check this out!

Persiapan
Download aplikasi WhatsApp pada link di bawah ini.
- Windows 32-bit: Download Link
- Windows 64-bit: Download Link
- Mac OS X: Download Link

Catatan:
  • Untuk menentukan Windows yang kalian gunakan 32-bit/64-bit. Silahkan kalian buka Control Pannel -> System and Security -> System. Setelah itu lihat bagian "System Type" kalian menggunakan Windows 32-bit atau 64-bit?
  • Jika kalian pengguna Windows, maka sistem operasi minimalnya adalah Windows 8.
  • Kemudian untuk pengguna Mac OS, minimalnya adalah OS X 10.9.

Cara Install dan Menggunakan
1. Install aplikasi WhatsApp di PC atau Laptop kalian. Setelah terinstall aplikasi WhatsApp akan terbuka dan akan muncul barcode yang nanti kalian akan scan melalui iPhone.


2. Kemudian buka aplikasi WhatsApp di iPhone kalian.

3. Pilih Settings. Lalu pilih "WhatsApp Web".

4. Arahkan kamera kalian ke layar PC atau Laptop tepat pada barcode yang ada di aplikasi WhatsApp.


5. Jika berhasil paired/terhubung maka WhatsApp akan menampilkan chat kalian. Done.

Catatan:
Jika kalian tidak ingin menggunakan WhatsApp di PC jangan lupa untuk logout yaa. Caranya: WhatsApp -> Logout.

Gaimana? Mudahkan? Jika ada pertanyaan silahkan mention di Twitter kita di @Applenesian. Thank you!
Disqus Comments