Minggu, 29 Mei 2016

Tips Mengatasi Home Button yang Macet dan Tidak Responsif

Jika saat ini kalian mengalami tombol Home pada iPhone kalian tidak berfungsi secara normal alias macet. Tenang kalian tidak sendiri karena mimin sendiri pernah mengalaminya juga. Pertanyaannya sekarang, kenapa masalah ini bisa muncul? Banyak penyebabnya sebenernya, kemungkinan memang dari hardwarenya, debu dan lain - lain.


Walaupun ada Assitive Touch, namun tetap saja kita membutuhkan tombol Home untuk melakukan restart iPhone. Menurut informasi yang mimin baca masalah ini banyak di alami oleh pengguna iPhone 4. Tapi tidak menutup kemungkinan masalah ini bisa menimpa perangkat iPhone selain yang tadi mimin sebut.

Untuk itu mimin akan memberikan tips untuk memperbaiki tombol Home di iPhone kalian. Check this out!

1. Reset/Restart iPhone
Loh min? Kan tombol Homenya ngga berfungsi terus cara resetnya gimana? Ngga usah khawatir guys, seperti kata pepatah banyak jalan menuju Roma tapi tidak ada jalan menuju rumah mantanmu. Jadi, caranya itu bisa kalian baca trik reset/restart iPhone tanpa tombol Home.

2. Cek Apakah Body iPhone kalian tertutup Rapat
Hal ini pernah menimpa mimin. Jadi, waktu itu iPhone mimin baterainya sudah menggelembung jadi dampaknya body iPhone jadi agak ngangkat sedikit. Karena hal tersebut jadi konektor antara tombol Home dengan chip boardnya jadi tidak tersambung dengan benar.

Benar saja, ketika sudah mengganti baterai, tombol Home iPhone mimin kembali berfungsi seperti semula. Nah mungkin kalian bisa tuh cek sisi bawah dari iPhone apakah sudah tertutup dengan rapat?

3. Bersihkan Debu
Semakin lama sebuah perangkat elektronik pasti berdebu kan? Apalagi iPhone 4 yang umurnya udah nyamain firaun (Becanda yaaa). Jika kalian punya pembersih debu yang biasa dipake untuk laptop bisa tuh kalian semprot semprot pada bagian tombol Home.

Inget, jangan ditiup pake mulut nanti ada kuah bakso yang mental - mentalan loh haha.

4. Kalibrasi tombol Home
Seperti baterai, tombol Home juga memiliki titik jenuh pemakaian loh guys. Maka dari itu kita perlu melakukan kalibrasi. Caranya?
a). Buka aplikasi bawaan iOS (Contoh: Stock atau Weather)
b). Tekan tombol Mute/Power (yang letaknya ada di atas itu lohhh) sampai muncul tulisan "Slide to power off"
c). Sekarang tekan tombol Home sampai pop up "Slide to power off" menghilang.


Udah gitu aja., simplekan?

Kira - kira itu aja sih yang bisa kalian lakukan jika tombol Home di iPhone kalian macet atau tidak responsif. Jika semua tips di atas hasilnya tetap sama. Mungkin ada masalah di bagian hardware iPhone kalian. Saran mimin coba deh konsultasiin sama temennya mimin si Macbiruni. Add aja user id linenya di @macbiruni (pake @ ya jangan lupa). Gratis konsultasi dan pengecekan unit! Trusted seller deh pokoknya.
Disqus Comments