Acara WWDC 2016 akan Segera Dimulai, Apa Harapan Kita?

Apple akan menggelar Worldwide Developers Center atau biasa kita sebut WWDC pada 13 Juni 2016 di Bi...

Apple akan menggelar Worldwide Developers Center atau biasa kita sebut WWDC pada 13 Juni 2016 di Bill Graham Civic Auditorium pukul 10 pagi waktu Pasifik. Seperti tahun lalu, Apple juga akan menyiarkan secara langsung keynote dari acara WWDC 2016 ini yang dapat ditonton langsung di perangkat iOS, Mac dan Windows 10.


Dikabarkan Apple akan memperkenalkan versi terbaru dari iOS, tvOS, watchOS, OS X (macOS) dan fitur - fitur terbaru lainnya. Berikut Applenesian telah merangkum apa - apa saja yang akan muncul di acara WWDC 2016 ini. Penasaran? Let's check this out, guys!

iOS 10

Sistem operasi untuk iPhone, iPad dan iPod Touch sekarang - sekarang ini tidak memiliki perbuahan sejak iOS 7 dirilis oleh Apple. Kemungkinan untuk iOS 10 kita akan menemukan peningkatan desain untuk membuat penampilan versi terbaru dari iOS ini terlihat lebih oke, karena rumornya iOS 10 ini akan memiliki tampilan Dark Mode. Walaupun belum ada bukti akan ada tampilan Dark Mode di versi iOS terbaru Apple ini ya setidaknya kita sudah berharap lah ya, walaupun doi masih gitu - gitu aja sama kita (Lho?)


Di tahun 2015, rumor menyebutkan kalau Apple sedang mengerjakan fitur "iCloud Voicemail" yang dapat memberikan Siri akses untuk menjawab panggilan tak terjawab, simpan dan konversi pesan suara menjadi berbentuk teks sehingga pengguna dapat membacanya nanti. Nah, kayaknya di iOS 10 fitur ini akan di aktifkan dan dapat memberikan informasi detail dari lokasi pengguna dan alasan kenapa panggilan masuk tidak dapat di jawab oleh pemilik.

Apple dikabarkan juga akan memperkenalkan Siri SDK yang membuat Siri dapat berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga. Itu berarti pengembang aplikasi dapat mengingtegrasikan Siri di aplikasi buatannya. Jika benar, Apple memang ingin mengembangkan Siri ke level yang lebih jauh dan dapat berkompetisi dengan asisten pribari milik Google yaitu Google Now. Wih wih..

Impian Apple yang menginginkan Siri menjadi lebih pintar sepertinya akan di wujudkan pada tahun ini. Hal tersebut diwujudkan dengan mengakusisi perusahaan - perusahaan di bidang Artificial Intelligent atau biasa kita sebut AI, contohnya adalah VocalIQ dan Perceptio.

Kemudian, di iOS 10 akan merombak tampilan aplikasi Music nya khususnya pada bagian Apple Music. Disebutkan kalau Apple akan menggunakan desaing "boldet, yet simpler" yang menekankan pada desain background hitam dan putih dan teks yang membuat Album Art terlihat lebih nyaman di lihat.

Apple berencana untuk mengganti tab "New" di Apple Music dengan "Browse" untuk menampilkan konten terbaru lebih baik dari sebelumnya. Namun, katanya Apple akan menghilangkan tab "Connect" dari tampilan Apple Music. Well, bad news or good news?.

Jika iPhone 7 dikabarkan akan memiliki dual lens camera (kamera berlensa dua). Apple katanya akan memasukkan fitur yang ada di iPhoto pada aplikasi Photos iOS 10. Dalam iPhoto kalian akan menemukan fitur mirip EXIF editing dan touch-based brushes dimana pengguna dapat mengedit tingkat cahaya dari foto dan lain - lainnya.

Selain itu, Apple katanya dapat memberikan kebebasan pengguna untuk menghapus atau menyembunyikan aplikasi bawaan dari iOS. Jika benar, fitur ini akan hadir di iOS 10. Widih..

OS X (macOS) 10.12

Jika OS X tidak mendapat perubahan yang menurut mimin major (besar) tahun lalu tapi untuk sekarang sepertinya tidak lagi. Kenapa? Karena dikabarkan Apple akan menghadirkan asisten pintarnya yaitu Siri di OS X 10.12 untuk perangkat Mac dengan fungsi yang sama seperti di perangkat iOS.


Pengguna Mac dapat summon si Siri (Dikata Digimon kali) ini melalui menu bar, dock icon, shortcut di keyboard atau ngomong "Hey Siri". Seperti yang dikatakan sebelumnya Siri yang ada di Mac memiliki fungsi yang mirip dengan iOS antara lain adalah mencari aplikasi, membuka aplikasi, menjawab pencarian yang diinginkan oleh pengguna, memutar lagu dari iTunes dan masih banyak lainnya. 

Fitur baru lainnya dari OS X 10.12 adalah Continuity, pengguna dapat membuka kunci perangkat Mac dalam kondisi tertutup melalui iPhone miliknya, diharapkan fitur ini pengguna Mac tidak perlu repot - repot untuk memasukkan passwordnya. Simple kan?

Sama seperti iOS 10, nampaknya Apple akan merombak tampilan dari Apple Music yang ada di OS X 10.12. Selain itu, peningkatan aplikasi Photos juga akan dilakukan oleh Apple dengan menambahkan fitur yang ada di iPhotos. 

Terakhir, OS X akan berubah nama loh guys. Tahu darimana min? Dalam guideline Apple yang membahas mengenai App Store disitu disebutkan nama 'macOS' bukan lagi OS X. Ya menurut mimin sih kayaknya Apple ingin menyetarakan nama dari sistem operasi miliknya contohnya iOS (untuk iPhone, iPad dan iPod Touch), tvOS (untuk Apple TV), watchOS (untuk Apple Watch) dan macOS (untuk Mac). Tapi mungkin maksud Apple perubahan nama ini ada maksud tersendirinya yang akan diungkapkan oleh Apple dalam acara WWDC 2016.

tvOS 2 dan watchOS 3

Apple mengungkapkan kalau mereka akan merilis update versi terbaru dari tvOS dan watchOS. Namun, sayangnya mereka tidak memberikan detail apa saja perubahan yang akan ada di dalam versi terbaru sistem operasi yang tadi disebutkan.

Jika bercermin dengan dua sistem operasi yang sudah mimin bahas sebelumnya, sepertinya tvOS dan watchOS dibekali dengan peningkatan Siri dan tampilan tentunya. So, kita tinggal tunggu aja nih kejutan apa yang akan di sebutkan oleh Apple untuk tvOS dan watchOS versi terbaru.

Apple Pay, iCloud dan iMessage

Apple berencana untuk menghadirkan Apple Pay untuk web sehingga pengguna Apple Pay dapat melakukan pembayaran online melalui browser Safari miliknya. Jika benar itu berarti Paypal harus berhati - hati dengan pergerakan Apple Pay. Rumornya, Apple Pay untuk web akan memulai debutnya saat acara WWDC 2016 berlangsung. 

Terkait dengan konflik Apple dengan FBI, sepertinya keamanan dari iCloud pada iOS 10 dan OS X (macOS) 10.12 akan lebih ditingkatkan. Rumor menyebutkan kalau Apple saat ini sedang mengerjakan keamanan super ketat yang nantinya akan di implementasikan di perangkat iOS. Kemudian sepertinya kapasitas default dari iCloud yakini 5 GB akan ditingkatkan oleh Apple karena untuk saat ini menurut perusahaan kelas atas kapasitas penyimpanan sebesar itu tidak lagi cukup.

Jika sebelumnya Apple Music muncul di platform Android dan sudah bikin geger, sampai - sampai penggemar Android memberikan rating jelek untuk Apple Music di Google Play Store. Sepertinya Apple tidak takut lagi, karena rumornya iMessage akan hadir di Android. Tuh kurang baik apalagi coba Apple ngasih fitur terbaik yang ada iPhone. Kalau informasi ini benar bisa bikin geger pengguna Android untuk kedua kalinya ya.

Hardware


Menurut orang dalam Apple, event WWDC tahun ini akan lebih fokus kepada software ketimbang hardware. Namun, jika ada kemungkinan di acara tersebuh Apple memperkenalkan produk hardware terbaru sepertinya akan menjadi surprise ya.

Jika iPhone tidak muncul dalam acara tersebut ada rumor yang menyebutkan kalau MacBook baru akan muncul, karena menurut Mac Otakara, Apple berencana untuk meluncurkan MacBook Air dan MacBook Pro terbaru pada WWDC 2016 ini. Kemudian Macbook terbaru akan memiliki konsep touch panel pada bagian sisi atas keyboard. Wah wah keren dong ya.

Jam berapa WWDC 2016 dapa di tonton secara Live untuk wilayah Indonesia?

Untuk iPhone, iPad dan iPod Touch kalian harus menggunakan versi iOS 7 atau yang paling terbaru untuk dapat menyaksikan acara tahunan yang diselenggarakan ole Apple. Sedangkan untuk  Mac kalian harus menggunakan browser Safari versi 6.0.5 atau terbaru dan OSX 10.8.5 atau yang paling baru. Tenang, jika kalian pengguna Windows lebih baik segera menggunakan Windows 10, karena sejak tahun kemarin Apple memperbolehkan pengguna Windows PC untuk menonton acara tersebut, dengan catatan harus menggunakan browser Microsoft Edge. Atau bisa juga via Apple TV Generasi 2 dan 3 yang sudah terinstall software versi 6.2 atau terbaru.

Kemudian untuk waktunya, Wilayah Indonesia Bagian Barat acara akan dimulai pada pukul 12 dini hari tanggal 14 Juni 2016. Jadi, kalo kalian ada di Wilayah Tengah tinggal +1 dan Wilayah Timur +2. 

Jangan lupa untuk add LINE Official kita di @applenesian (pake '@' ya) buat yang mau tanya - tanya seputar perangkat iOS kalian atau lain - lainnya. Tetep pantengin Applenesian ya untuk mendapatkan informasi mengenai acara WWDC 2016 ini. Terima kasih dan babayyy.

Sumber: Macrumors & iHelpBR

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Apple Event,31,Apple HomeKit,1,Apple Pay,12,Apple TV,9,Apple Watch,61,Applenesian Story,1,Best Apps,11,Buyers Guide,1,Campaign,4,Compare,12,Discount iOS Apps,1,Downgrade iOS,8,Download iOS,4,Download Jailbreak Tool,3,iMac,6,iOS 10,18,iOS Apps,41,iOS News,81,iPad,22,iPhone,78,iPhone 7,24,iPod,2,Jailbreak iOS,20,Jailbreak News,25,Macbook,20,macOS,4,News,124,Paid to Free Apps,7,Pokemon Go,10,Promotion,1,Review,1,Samsung,12,SSH Blobs,4,Tips and Trick,42,Troubleshooting,37,Tutorial,57,Tweak Jailbreak,12,Upgrade iOS,13,Wallpaper,1,Watch Apps,2,watchOS,4,
ltr
item
Applenesian: Acara WWDC 2016 akan Segera Dimulai, Apa Harapan Kita?
Acara WWDC 2016 akan Segera Dimulai, Apa Harapan Kita?
https://4.bp.blogspot.com/-CVkY0WOMyXs/V1hIQyqZxvI/AAAAAAAAGzc/RRvrItZqqrIOfUNkiktqlCCo-6XtGHUOwCKgB/s640/wwdc-2016-apple-website.PNG
https://4.bp.blogspot.com/-CVkY0WOMyXs/V1hIQyqZxvI/AAAAAAAAGzc/RRvrItZqqrIOfUNkiktqlCCo-6XtGHUOwCKgB/s72-c/wwdc-2016-apple-website.PNG
Applenesian
http://www.applenesian.com/2016/06/acara-wwdc-2016-akan-segera-dimulai-apa-harapan-kita.html
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/2016/06/acara-wwdc-2016-akan-segera-dimulai-apa-harapan-kita.html
true
7556057504832107625
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy