Apa yang Baru dari iOS 10?

Dalam acara WWDC 2016, Apple akhirnya mengenalkan iOS 10 yang merupakan major update dari sistem op...

Dalam acara WWDC 2016, Apple akhirnya mengenalkan iOS 10 yang merupakan major update dari sistem operasi yang digunakan oleh iPhone, iPad dan iPod Touch. Salah satu contohnya adalah Siri yang menjadi lebih pintar dan dapat di integrasikan dengan aplikasi pihak ketiga. Dalam demo yang ditunjukkan dalam acara WWDC ini Siri ternyata dapat menjalankan perintah pengguna iOS 10 untuk membalas pesan WeChat. Kerenkan?


Masih banyak sih sebenernya hal - hal baru yang ada di iOS 10. Mau tahu? Yuk disimak..

1. Desain Terbaru dari Lock Screen

Apple merombak desain dari lock screen di iOS 10 dengan fitur 3D Touch sehingga pengguna dapat membalas pesan, melihat isi email dan lain - lainnya hanya dari lock screen saja. Selain itu, kalian juga dapat menemukan tombol "clear all" untuk menghapus semua notifikasi yang muncul di perangkat iOS-mu.


Kemudian fitur "Raise to wake" juga ditanamkan di iOS 10. Fitur ini membuat layar perangkat iOS otomatis nyala ketika kalian mengangkat dan menghadapkannya ke muka kalian. Jadi, intinya kalian tidak perlu repot - repot lagi buat tekan tombol apapun untuk ngeliat notifikasi yang masuk.

Saat tampilan lock screen kalian dapat mengakses kamera hanya dengan melakukan swipe layar ke arah kanan, arahkan ke kiri untuk melihat widget. Simple kan?

Tidak hanya tampilan di lock screen saja yang di ubah oleh Apple, control center pun ikutan dirubah dengan memisahkan tab Music dengan kontrol aksesibilitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, Airplane Mode, Do not disturb dan lainnya.

2. Siri yang Lebih Pintar



Seperti yang udah mimin sebutkan sebelumnya kalau nantinya di iOS 10, Siri akan menjadi lebih pintar dan dapat dimanfaatkan untuk memesan makanan, booking taxi (uber), membeli tiket nonton dan masih banyak lainnya. Selain itu, Siri juga dapat melakukan panggilan VoIP, transfer uang ke teman, memulai/memberhentikan aplikasi workout pihak ketiga dan masih banyak lainnya.

3. Quicktype dengan Integrasi Siri

Apple menghadirkan Siri di Quicktype pada iOS 10. Maksudnya gimana tuh min? Jadi gini, ketika kalian chatting - chattingan terus teman kalian menanyakan lokasi kalian berada secara otomatis Siri akan memberikan sugesti pilihan untuk memberitahu kepada teman kalian. Selain itu keyboard di iOS 10 mendapat dukungan bilingual, itu berarti kalian tidak hanya mendapatkan sugesti pesan dalam satu bahasa saja bisa lebih.

4. Memories

Aplikasi Photos di iOS 10 tidak dilupakan oleh Apple loh guys perkembangannya. Buktinya mereka menghadirkan fitur baru yang dinamakan "Memories". Apa itu? Jadi gini guys, dengan fitur tersebut foto yang kalian ambil melalui perangkat iOS akan di klasifikasikan berdasarkan tempat, waktu dan lain - lainnya.


Selain itu, fitur ini juga dapat membuat sebuah highlight baru yang di dalamnya berisi momen - momen paling berharga atau bahasa kerennya unforgetable moment. Anjay.

5. Apple Maps Baru

Dengan iOS 10, Apple memperkenalkan aplikasi Maps yang memiliki tampilan user interface mudah digunakan, Dynamic view, Quick Control untuk melihat detail dari rute perjalanan, dukungan rute alternatif dan masih banyak lainnya.


Apple membuka lebar - lebar akses aplikasi Maps miliknya untuk dapat di integrasikan dengan aplikasi pihak ketiga. Sehingga kedepannya kalian bisa memesan kendaraan, hotel, atau restoran melalui Apple Maps. Selain itu yang lebih kerennya lagi dengan Apple Maps ini kita bisa tahu dimana kita parkir mobil. Berguna banget kan?

6. Apple Music dengan Tampilan Baru

Di iOS 10, Apple merombak tampilan dari Apple Music menjadi lebih simple, font lebih tebal dan hilangnya menu "Connect". Hilangnya menu tersebut kemungkinan karena tidak terlalu butuh - butuh amat kali ya?


Selain itu dengan Apple Music terbaru ini kalian dapat memutar musik yang sudah kalian download dan disimpan di dalam perangkat iOS dengan fitur "Downloaded Music". Terus untuk kalian yang mau nyanyi pas lagi dengerin lagu tapi ngga tau liriknya tenang aja Apple Music di iOS 10 akan dilengkapi dengan integration lyric. Jadi, kalian bisa dengerin lagu sambil nyanyi - nyanyi toh?

7. Fitur Baru Apple News



Apple News di iOS 10 memiliki fitur untuk mempelajari aktifitas membaca kalian. Jadi, nantinya aplikasi ini akan memberikan rekomendasi berita yang sesuai dengan yang kalian mau/suka. Apabila kalian tidak ingin ketinggalan berita hangat caranya mudah kok cukup aktifkan notifikasi dari Apple News dan voila setiap ada berita panas/hangat akan muncul di notification center. Sounds interesting yo?

8. Aplikasi 'Home' Makin Canggih



Menurut Apple, aplikasi Home buatannya di iOS 10 dapat menjalankan beberapa perintah dalam satu klik dengan fitur Scenes. Sebagai contoh kalian klik "Good Night" maka secara otomatis perangkat elektronik yang terhubung dengan aplikasi Home ini akan menyesuaikan aktifitas di malam hari misalkan meredupkan lampu, mengecilkan suara musik dan lain - lainnya. Kerenkan? Tapi sayangnya, di Indonesia masih belum bisa digunakan nih..

9. iMessage

iMessage di iOS 10 akan memiliki Emoji tiga kali lebih besar dan Quicktype di keyboard dapat memberikan sugesti dari apa yang kalian ketik/ Misalkan: Hello, maka akan muncul Emoji yang berhubungan dengan kata Hello (Ya mungkin gambar Adelle lagi nyanyi kan).


Kemudian bubble effect (Inget loh yang bukan bubble Hop Hop) ditambahkan juga di iMessage, jadi pesan kalian terlihat lebih besar. Males ngetik? Pake aja Scribble, yap dengan fitur ini kalian dapat mengetik pesan layaknya menulis. Penasaran? Tunggu aja sampe iOS 10 rilis versi Finalnya (Golden Master)


10. Split View Safati di iPad



Dengan iOS 10 kalian dapat membuka dua website langsung dari Safari dengan fitur Split View.

Lain - lain

a. Hapus aplikasi bawaan iOS
Jika selama ini kalian tidak bisa menghapus aplikasi bawaan dari iOS (contoh: Weather). Sepertinya nanti ketika iOS 10 rilis kalian dapat melakukannya. Lumayankan hemat memori penyimpanan perangkat iOS kalian.


Berikut adalah daftar aplikasi bawaan iOS yang bisa kalian hapus di iOS 10:
  • Calendar 
  • Compass 
  • Contacts 
  • FaceTime 
  • Find My Friends 
  • Home 
  • iBooks
  • iCloud Drive 
  • iTunes Store 
  • Mail 
  • Maps 
  • Music 
  • News 
  • Notes 
  • Podcasts
  • Reminders 
  • Stocks 
  • Tips 
  • Videos 
  • Voice Memos 
  • Watch app 
  • Weather
Jika kalian menghubungkan Apple Watch dengan iPhone maka aplikasi yang dihapus oleh kalian di Home Screen akan hilang juga dari Apple Watch.

Update: Ternyata ketika kalian menghapus aplikasi bawaan iOS tidak berarti kapasitas penyimpanan kalian bertambah ya guys. Mau tau kenapa? Baca di Menghapus Aplikasi Bawaan di iOS 10 Tidak Membuatnya Benar - Benar Terhapus Guys

Note: Do with your own risk ya.

b. Wake Alarm



Apple telah menambahkan menu Bedtime di aplikasi Clock miliknya. Dengan menu ini kalian dapat mengatur jam tidur dan bangun kalian. Jadi, misalkan kalian mengatur waktu Bedtime jam 11 malem maka pada saat jam tersebut kalian akan diberi notifikasi untuk tidur. Cocok nih buat yang jomblo yang ngga pernah di ingetin buat bobo. (Upps). Selain itu kalian dapat memantau waktu tidur kalian, apakah kurang atau kelebihan. Idealnya waktu tidur yang cukup adalah 8 jam ya guys..

c. Suara Keyboard Baru
Seperti yang diungkapkan oleh Owen William dalam twitternya. Dia mengatakan ada perubahan dari suara keyboard ketika mengetik. Kalo menurut mimin sendiri sih dengernya kayak di Android ya. Entah deh salah denger atau ngga.


Cek twitternya si om Owen dimari

Mungkin masih ada lagi fitur yang belum bisa mimin jelaskan di dalam postingan ini. Kalau ada lagi mimin akan update dalam postingan yang terpisah ya.

Jangan lupa untuk follow akun LINE Official dari Applenesian di @applenesian (pake '@' ya). Terima kasih guys and babay.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Apple Event,31,Apple HomeKit,1,Apple Pay,12,Apple TV,9,Apple Watch,61,Applenesian Story,1,Best Apps,11,Buyers Guide,1,Campaign,4,Compare,12,Discount iOS Apps,1,Downgrade iOS,8,Download iOS,4,Download Jailbreak Tool,3,iMac,6,iOS 10,18,iOS Apps,41,iOS News,81,iPad,22,iPhone,78,iPhone 7,24,iPod,2,Jailbreak iOS,20,Jailbreak News,25,Macbook,20,macOS,4,News,125,Paid to Free Apps,7,Pokemon Go,10,Promotion,1,Review,1,Samsung,12,SSH Blobs,4,Tips and Trick,42,Troubleshooting,37,Tutorial,58,Tweak Jailbreak,12,Upgrade iOS,13,Wallpaper,1,Watch Apps,2,watchOS,4,
ltr
item
Applenesian: Apa yang Baru dari iOS 10?
Apa yang Baru dari iOS 10?
https://3.bp.blogspot.com/-s1JGhVWGFoY/V2DLyOU5M-I/AAAAAAAAG4k/Nm8gWC05RVYA0GiMVeUVWlNRProJTC-ngCLcB/s640/ios-10-features.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-s1JGhVWGFoY/V2DLyOU5M-I/AAAAAAAAG4k/Nm8gWC05RVYA0GiMVeUVWlNRProJTC-ngCLcB/s72-c/ios-10-features.jpg
Applenesian
http://www.applenesian.com/2016/06/apa-yang-baru-dari-ios-10.html
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/2016/06/apa-yang-baru-dari-ios-10.html
true
7556057504832107625
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy