Kamis, 09 Juni 2016

Apple Ganti Nama OS X menjadi macOS? Benarkah?

Dalam acara WWDC 2016 yang akan di gelar oleh Apple pada 13 Juni nanti. Sepertinya kalian mungkin akan sedikit kecewa karena iPhone generasi terbaru tidak akan diperkenalkan dalam acara tersebut. Walaupun begitu, Apple akan memperkenalkan iOS, watchOS, tvOS dan OS X versi terbaru. Tapi menurut mimin sendiri kalian pasti lebih menunggu dan penasaran gimana sih bentuk iOS versi terbaru yang disebut - sebut iOS 10 ini.

Baru - baru ini Apple memberikan update dari App Storenya yang bisa dibilang 'major' ya. Kenapa? Karena Apple akan memperkenalkan fitur 'Search Ads' dimana pengembang aplikasi dapat mempromosikan aplikasi buatannya untuk ditampilkan dalam hasil pencarian aplikasi. Menurut Apple sendiri 65% aplikasi yang di download dari App Store berasal dari menu 'Search'.

Kemudian selain itu, Apple juga mengubah pembagian royalti yang diterima oleh pengembang/pembuat aplikasi dari setiap biaya berlangganan menjadi 85%. Namun, untuk satu tahun pertama berlangganan masih tetap menggunakan aturan lama yaitu 70/30, jika sudah masuk tahun kedua baru menjadi 85/15.

Namun di balik dari perubahan peraturan yang di buat oleh Apple ini, ada sesuatu hal yang secara tidak langsung diungkap nih guys oleh mereka sendiri. Apakah itu? Dalam satu paragraf singkat membahas mengenai pembagian royalti, terdapat satu tulisan yang aneh yaitu 'macOS'. Nah dengan munculnya tulisan 'macOS' ini bisa menjadi titik terang kalau Apple akan mengubah nama 'OS X' menjadi 'macOS'.


Isu diubahnya nama sistem operasi Mac itu sebenernya sudah ada pada pertengahan April namun 'MacOS' bukan 'macOS'. Jika memang begitu, itu berarti Apple ingin membuat si OS X ini disetarakan dengan sistem operasi lainnya yang menggunakan huruf awalan kecil, seperti iOS untuk iPhone, iPad dan iPod Touch.

Jadi keliatannya lebih keren toh kalo dijabarin, iOS, tvOS, watchOS dan macOS. Cool enoughkan guys?

Sekarang kita kembalikan semuanya ke Apple ya guys. Terserah dia mau ngasih nama baru apa buat OS X di WWDC 2016 yang akan dimulai 4 hari lagi.

Sumber: Apple
Disqus Comments