Sabtu, 18 Juni 2016

iOS 10 Dapat Membuat Semua Aplikasi Berjalan Lebih Cepat dan Mulus, Kok Bisa?

Salah satu perubahan yang ada di iOS 10 selain fitur - fitur baru seperti Raise to Wake, Rich Notification dan masih banyak lainnya adalah bisa bikin semua aplikasi berjalan lebih cepat dan mulus di perangkat iPhone dan iPad. Salah satu contohnya adalah ketika kalian melakukan scroll, konten dari sebuah aplikasi akan di load menggunakan asumsi berbasis API. Bingung ya maksudnya apa?


Seperti yang disebutkan Apple dalam demo iOS 10 di WWDC kemarin, mengungkapkan alasan kenapa kalian merasa ada 'lag' ketika mengakses sebuah aplikasi dikarenakan konten yang ada di dalam aplikasi tersebut sudah muncul terlebih dahulu sebelum kalian melihatnya, hal itulah yang memicu 'lag' ini.

Nah nantinya dalam iOS 10, Apple akan memperbolehkan aplikasi untuk melakukan prefetch data sehingga ketika pengguna mengakses aplikasi tersebut seperti nge-scroll ke atas ke bawah kayak orang bingung ngga akan lagi ngerasa 'lag'. Itu karena konten yang akan muncul hanya yang akan kalian lihat dilayar saja, sisanya di simpen dulu sampe kalian 'manggil'/ngeliat konten tersebut.

Kemudian, dengan API terbaru membuat pemanggilan data lebih cepar dari sebelumnya baik untuk real time maupun dalam keadaan di background/idle, sehingga aplikasi mampu lebih cepat untuk memanggil/mendapatkan data yang dibutuhkan. 

Kerennya lagi guys, perubahan yang ada di iOS 10 ini otomatis akan ada di setiap aplikasi yang dibuat oleh developer. Jadi, setiap aplikasi yang dibuat untuk iOS 10 (support dengan iOS 10) maka API secara otomatis dan sehingga aplikasi yang dibuat memiliki performa yang lebih baik. Walaupun memang pengguna perangkat lama iOS sering mengeluhkan merasakan lemot ketika sudah update iOS tapi Apple akan memastikan pengguna dapat merasakan pengalaman menggunakan iOS 10 lebih lancar dan cepat.

Jadi, gimana menurut kalian dengan iOS 10 ini? Tertarik untuk upgrade kah nantinya? Jailbreaker hati - hati ya jangan kegoda dulu ya sama kecanggihan dari iOS 10 ini :)

SumberTheNextWeb
Disqus Comments