Jumat, 26 Agustus 2016

Apple Rilis iOS 9.3.5 dengan Update Keamanan Baru

Awal bulan Agustus ini, Apple telah merilis iOS 9.3.4 yang mungkin banyak yang beranggapan update iOS 9 terakhir yang dirilis oleh Apple. Tapi hari ini, mereka rilis update iOS 9.3.5. Memang tidak ada fitur yang ditambahkan oleh Apple, namun mereka menambahkan update keamanan untuk mengatasi celah keamanan dengan tingkat resiko yang tinggi. Mau tau dapatk daru celah keamanannya yang dimaksud?


Update iOS terbaru ini muncul setelah UAE human rights defender (pembela HAM di Arab Saudi) mendapatkan sebuah link 'jahat' dalam pesan yang dikirimkan ke iPhone, seperti yang diungkapkan oleh Citizen Lab dan Lookout Security. Link 'jahat' yang diklaim berasal dari NSO Group (perusahaan spyware asal Israel) ternyata memiliki kemampuan untuk melakukan jailbreak dari sebuah perangkat dari jarak jauh, melacaknya, bahkan sampai mengambil akses kontrol dari microphone. Oleh karena itu, masalah ini langsung dilaporkan ke pihak Apple oleh Bill Marczak dan John Scott-Railton dari Citizen Lab dan 10 hari setelahnya akhirnya hari ini update keamanan untuk celah keamanan ini pun muncul.

September nanti, kita akan melihat iOS 10 dirilis oleh Apple yang katanya bersamaan dengan rilis iPhone generasi terbaru yaitu iPhone 7.

Jadi, pertanyaan sekarang adalah apakah kalian harus update ke iOS 9.3.5 saat ini?

Jawabannya Iya, jika kalian ingin perangkat iOS kalian tetap aman dan tidak dalam kondisi jailbreak. Namun, saat ini mimin belum menemukan review apakah ada masalah yang muncul setelah melakukan update ke iOS 9.3.5 ini. Kalo misalkan udah ada yang coba bisa kalian kirimkan reviewnya ke LINE kita di @applenesian (pake @ ya).

Stay aware jailbreaker. iOS 9.3.5 ngga bisa dijailbreak karena sejak kemunculan iOS 9.3.4 Apple telah menambal celah yang digunakan oleh Pangu untuk jailbreak. Selain itu ada berita buruk lainnya, yaitu Apple telah stop peredaran iOS 9.3.3 itu berarti kalian tidak bisa melakukan downgrade ke versi tersebut.
Disqus Comments