Senin, 08 Agustus 2016

Cara Memperbaiki Masalah GPS/Location Service Setelah Jailbreak iOS 9.3.3

Sudah dua minggu berlalu sejak Pangu merilis jailbreak untuk iOS 9.3.3. Jailbreak kali ini mungkin agak merepotkan ya karena sifatnya semi-untether maka setiap setelah melakukan reboot kalian harus atau kudu banget buat jailbreak ulang. Kok ribet sih min? Kemarin - marin ngga perlu. Iya, karena sampai saat ini Pangu baru menemukan metode seperti itu, tapi katanya sih untuk metode untether (ngga perlu jailbreak ulang setelah reboot perangkat iOS) mereka belum ada rencana untuk bikin guys.


Nah, apabila kalian sudah berhasil jailbreak dan mengalami masalah pada GPS/Location Service contohnya seperti tidak bisa di aktifkan (Turn On), tenang kalian ngga sendiri kok karena banyak yang lapor ke mimin kalo Location Service mereka mati dan tidak bisa diaktifkan kembali. Belum tahu penyebab masalah itu terjadi tapi mimin punya beberapa tips untuk mengatasi masalah ini. Mau tau? Check this out!

A. Install libLocation

1. Buka Cydia di perangkat jailbreak kalian, apabila habis reboot silahkan jailbreak ulang terlebih dahulu. Caranya bisa dilihat di Cara Rejailbreak iOS 9.3.3.

2. Tap pada 'Search' kemudian ketikkan libLocation dalam kotak pencarian untuk mencari package tweak tersebut.

3. Setelah itu tap pada "Install" untuk memulai intalasi tweak.


4. Jika sudah berhasil install, kalian tutup Cydia dan lihat apakah Location Service masih bermasalah atau tidak.

B. Reset Network Settings

Jika solusi diatas belum bisa memperbaiki masalah Location Service yang dialami, kalian bisa lakukan reset network settings, caranya sebagai berikut:

1. Buka menu Settings.

2. Pilih General >  Reset > Reset Network Settings.

3. Masukkan Passcode lalu tap pada "Reset Network Settings".


Perangkat akan otomatis reboot dan itu berarti kalian harus melakukan jailbreak ulang. Caranya bisa diliat di Cara Jailbreak Ulang iOS 9.3.3.

C. Install locationdfixer.deb dengan iFile

Masih belum solve masalahnya? Coba kalian ikuti tips ke tiga ini, tapi sebelumnya kalian harus install iFiles terlebih dahulu ya.

1. Install libLocation, caranya bisa kalian ikutin di tips nomor 1.

2. Uninstall libLocation dari Cydia. Caranya Installed > Cari Tweaknya > Kemudia tap di 'Modify > Remove

3. Buka locationdfixer.deb di Safari dan download file tersebut dengan iFile. Setelah itu buka lagi menggunakan iFiles kemudian install. File .deb ini akan melakukan patch dengan mengcopy locationd daemon dari Library ke System.

4. Uninstall lagi file .deb tadi dari Cydia.

5. Reboot perangkat iOS.

6. Setelah itu lakukan jailbreak ulang dengan tutorial berikut ini.

Jadi, itu aja sih guys beberapa tips yang bisa kalian lakukan kalau mengalami masalah GPS/Location Service setelah jailbreak sambil nunggu Pangu rilis perbaikannya juga. Apabila punya pertanyaan terkait artikel ini kalian bisa add LINE kita di @applenesian (pake '@' ya). Thank you.
Disqus Comments