Selasa, 23 Agustus 2016

Cara Memperbaiki Perangkat Aksesoris Bluetooth Tidak Bisa Konek dengan iPhone

Hampir rata - rata perangkat aksesoris yang dapat dihubungkan ke iPhone menggunakan konektifitas Bluetooth. Contohnya seperti Apple Watch, bluetooth speaker, car play, atau bluetooth headphone. Tapi apa yang bakal kalian rasakan ketika ingin menghubungkan perangkat bluetooth ke iPhone dan ternyata tidak bisa terhubung? Bingung, panik, prasangka buruk sama perangkat bluetoothnya (ini pasti KW) atau ekspresi lainnya.


Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah perangkat aksesoris bluetooth yang tidak mau konek/terhubung dengan perangkat iPhone. Mau tau?

A. Coba Hubungkan Perangkat Aksesoris Bluetooth dengan iPhone lain

Untuk memastikan kalau aksesoris bluetooth yang kalian gunakan saat ini tidak mengalami masalah atau bisa dibilang rusak. Coba kalian hubungkan dengan perangkat iOS lainnya. Apakah bisa atau tidak? Jika tidak juga ada indikasi aksesoris bluetooth kalian minta di lem biru kayaknya. Eits.. sebelum di lem biru coba tips lainnya dulu.

B. Nonaktifkan Bluetooth kemudian Reboot

Jika saat ini kondisi bluetooth di perangkat iPhone kalian masih aktif coba di nonaktifkan terlebih dahulu kemudian reboot. Caranya:
1. Matikan bluetooth dari Control Center atau Settings > Bluetooth > Switch ke Off
2. Lakukan reboot dengan menekan tombol Home dan Lock secara bersamaan sampai layar iPhone mati dan muncul logo Apple kembali.
3. Setelah reboot coba kalian hubungkan lagi aksesoris bluetooth dengan iPhone.


C. Forget Device

Apabila tips sebelumnya belum bisa memperbaiki masalah yang dialami. Coba kalian Forget Device dari aksesoris bluetooth yang dimiliki deh. Caranya:
1. Buka Settings > Bluetooth.
2. Tap pada icon "i" di nama aksesoris bluetooth yang mengalami masalah.
3. Pilih "Forget Device" dan konfirmasi.
4. Sekarang hubungkan ulang aksesoris bluetooth dengan iPhone kembali.


D. Reset Network Settings

Masih ngga bisa? Tenang masih ada tips lainnya yang bisa kalian coba. Kalian bisa coba untuk reset pengaturan jaringan, tapi dampaknya adalah pengaturan Wi-Fi (password), VPN dan Bluetooth kalian akan hilang.
1. Buka Settings.
2. Pilih General.
3. Scroll ke bagian paling bawah lalu pilih Reset.
4. Pilih Reset Network Settings, kemudian masukkan passcode.
5. Konfirmasi pilihan kalian.


E. Clean Restore Perangkat iOS

Last tips, jika keempat tips diatas tidak bisa memperbaiki masalah ini. Mungkin kalian bisa coba untuk clean restore iOS menggunakan iTunes. Sebelum melakukan clean restore ada baiknya kalian melakukan backup data lewati iTunes atau iCloud. Konsekuensi dari tips ini adalah kalian akan kehilangan data - data kalian mulai dari aplikasi, foto atau musik. Oleh karena itu harus di backup dulu ya.

Jika kalian memiliki perangkat iPhone SE dan mengalami masalah dengan suara yang tidak keluar di perangkat Bluetooth speaker atau headphone. Solusinya adalah kalian update ke iOS 9.3.2 atau ke versi yang paling baru ya guys..
Disqus Comments