Jumat, 26 Agustus 2016

"Celebration" Apple-1 Dilelang Seharga $815.000

Pada akhir Juli kemarin, situs lelang untuk amal yaitu CharityBuzz melelang "Celebration" Apple-1 dengan harga $815.000 dan menjadi satu - satunya unit Apple-1 yang terjual dengan harga lelang yang paling mahal. Sebenernya, dalam menit terakhir lelang ada yang melakukan bid (penawaran) $1.2 juta untuk unit ini, akan tetapi tidak jadi di detik - detik terakhir.


Lelang kali ini tidak hanya mendapatkan "Celebration" Apple-1 saja, tapi papan board Apple-1 ACI, pre-NTI dengan soket Robinson Nugent, power supply, kaset Apple-1 BASIC dengan label dan otentikasi dari karyawan Apple Danuel Kottke, buku penggunaan Apple-1, material pemasaran dan skematik papan kaset (cassette board).

Mengapa "Celebration" Apple-1 memiliki harga lelang sampai semahal itu? Corey Cohen adalah orang dibalik penamaan "Celebration" Apple-1 yang menghadirkan unit papan PCB (PCB board) kosong berwarna hijau yang saat ini tidak lagi dijual dan di produksi. Oleh karena itu, unit ini bisa dibilang unik dan memiliki potensi dijual dengan harga yang mahal karena kelangkaannya.

Seperti yang kita ketahui Apple-1 adalah komputer pertama kali yang diciptakan oleh Steve Jobs & Steve Wozniak yang di jual pertama kali pada musim panas tahun 1976 dan terjual sebanyak 175 unit. Selain itu, dengan peluncuran ini membuat Apple menjadi perusahaan berpengaruh di dunia. Dari 175 unit ini, sekarang tersisa 60 unit saja. Oleh karena itu, barang ini banyak di cari oleh kolektor.

Btw, 10% dari hasil lelang akan di donasikan oleh CharityBuzz untuk Leukemia and Lymphoma Society.

SumberCharityBuzz
Disqus Comments