Rabu, 24 Agustus 2016

Gawat! Banyak iPhone 6 dan 6 Plus Memiliki Cacat Pada Desainnya

Jika kalian saat ini menggunakan iPhone 6 dan 6 Plus terancam mengalami masalah besar dikarenakan cacat desain yang kemungkinan ada di perangkat tersebut.


Dalam sebuah post yang di publish oleh salah satu website repair iPhone, yaitu iFixit mengatakan menemukan garis hitam berkedip dibagian atas layar yang disebut "Touch Disease" sehingga membuat sensitifitas touchscreen menjadi berkurang. Masalah ini ditemukan oleh layanan perbaikan iPhone pihak ketiga yang akan memperbaiki iPhone milik pelanggannya notabenya berasal dari Amerika Serikat. Mereka meyakini kalau masalah desain ini dikarenakan kegagalan sistemik dalam desain dari iPhone 6 dan 6 Plus.

iFixit mengatakan kalau masalah ini berasal dari chip kontroler touch screen (layar sentuh) yang di solder ke logic board. Pertanyaannya adalah bagaimana masalah ini bisa terjadi? Seiring waktu pengguna menggunakan iPhonenya dapat menyebabkan kabel flex yang di solder rusak sehingga tidak tersambung dengan baik lagi dengan logic board.
In both the iPhone 6 and 6 Plus, the Touch IC chips connect to the logic board via an array of itty-bitty solder balls–“like a plate resting on marbles,” Jessa explains. Over time, as the phone flexes or twists slightly during normal use, those solder balls crack and start to lose contact with the board.

“At first, there may be no defect at all. Later you might notice that the screen is sometimes unresponsive, but it is quick to come back with a hard reset,” Jessa explains. “As the crack deepens into a full separation of the chip-board bond, the periods of no touch function become more frequent.”
Sampai saat ini, ratusan thread mengenai masalah ini sudah muncul di Apple Support Communities. Sehubungan dengan masalah ini layanan pihak ketiga untuk perbaikan iPhone telat menerima ratusan perangkat iPhone 6 dan 6 Plus yang mengalami isu touchscreen ini.
“This issue is widespread enough that I feel like almost every iPhone 6/6+ has a touch of it (no pun intended) and are like ticking bombs just waiting to act up,” says Jason Villmer, owner of STS Telecom–a board repair shop in Missouri.
Nah, saran dari mimin sendiri adalah jika kalian menemukan gejala cacat di touchscreen iPhone 6 atau 6 Plus dan masih dalam punya garansi sebaiknya langsung ke klaim servis. Jika, sudah habis masa garansinya sebaiknya kalian pergi ke toko servis Apple yang bisa di percaya untuk memperbaiki masalah ini.

Kalian bisa lihat video di bawah ini terkait masalah touchscreen yang memiliki garis abu-abu di bagian atas layarnya
Sumber: iFixit
Disqus Comments