Jumat, 05 Agustus 2016

iOS 9.3.4 Rilis, Perlukah Update Sekarang?

Jika kemarin ada yang menyebutkan kalau iOS 9.3.3 adalah yang terakhir dari versi iOS 9, karena bulan September nanti iOS 10 akan dirilis oleh Apple bersamaan dengan iPhone 7. Namun, sepertinya karena kemarin Apple baru aja rilis iOS 9.3.4 dengan update keamanan penting untuk iPhone atau iPad.


Munculnya iOS 9.3.3 diikuti dengan dirilis tools jailbreak milik Pangu untuk jailbreak iOS 9.2 - 9.3.3 tapi hanya perangkat iOS dengan prosesor 64-bit saja yang bisa menggunakan tools ini. 


Sekarang pertanyaannya adalah "Perlukah langsung update ke iOS 9.3.4?".

A. Untuk Jailbreaker
Menurut informasi yang didapat dari laman situs Support Apple yang berisi tentang update keamanan apa yang baru dalam versi iOS terbaru mereka, Apple ternyata sudah menambal/patch celah yang digunakan oleh Tim Pangu untuk jailbreak iOS 9.3.3. Pantesan dalam change log (catatan rilisnya) ada tulisan "important security updates" dan "recommended for all users"
IOMobileFrameBuffer
Available for: iPhone 4s and later, iPad 2 and later, iPod touch (5th generation) and later
Impact: An application may be able to execute arbitrary code with kernel privileges
Description: A memory corruption issue was addressed through improved memory handling.
CVE-2016-4654: Team Pangu
Jadi, jika saat ini kalian menggunakan perangkat iOS yang sudah di jailbreak disarankan untuk tidak melakukan update. Jika sudah terlanjur kalian bisa downgrade ke iOS 9.3.3 kembali dan jailbreak ulang.

B. Untuk Non Jailbreaker
Saran dari mimin untuk non jailbreaker, kalian lebih baik tidak update ke versi iOS 9.3.4 soalnya nanggung juga sih dikit lagi juga dirilis kok iOS 10. Tapi jika kalian mau update ke versi terbaru bisa lewat OTA (Over the Air), caranya: Settings > General > Software Updates pilih "Download and Install" atau "Install Now".


Disqus Comments