10 Tips Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 10

Apple telah merilis iOS 10 pada 14 September kemarin, dengan fitur terbaru di aplikasi Messages, ap...

Apple telah merilis iOS 10 pada 14 September kemarin, dengan fitur terbaru di aplikasi Messages, aplikasi Home, perubahan desain dari aplikasi News dan Music (lebih tebal hurufnya), integrasi Siri untuk aplikasi pihak ketiga (kalian sudah bisa berkirim pesan WhatsApp lewat Siri), Voicemail transcript dan masih banyak lainnya. Namun, fitur tersebut tidak semuanya bisa di nikmati oleh pengguna perangkat iOS dengan spesifikasi hardware minimum (seperti iPhone 5 dan iPhone 5C).


Jika saat ini kalian sudah upgrade ke iOS 10 dan merasakan kalau baterai perangkat iOS kalian cepat habis. Mungkin ada beberapa hal yang harus kalian lakukan dari tips dibawah ini. Walaupun sebenarnya boros atau tidaknya baterai iPhone, iPad atau iPod touch tergantung dari penggunanya sendiri. Contoh: Misalkan kalian aktif di sosial media, maka secara otomatis baterai kalian lebih cepat habis.

Note: Dari tips di bawah ini kalian bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini saja berdasarkan kebutuhan, karena mungkin ada beberapa fitur yang harus kalian matikan dari tips di bawah ini.

1. Cek Aplikasi yang Membuat Baterai Perangkat iOS Boros

Hal pertama yang kalian dapat lakukan adalah cek aplikasi yang bikin boros baterai iPhone, iPad atau iPod touch. Caranya adalah Settings > Battery. Dari menu ini kalian bisa tahu aplikasi apa saja yang sering kalian buka dan yang paling banyak mengkonsumsi baterai. 


Saran dari Applenesian adalah kalian disarankan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan, karena jika di biarkan maka statusnya adalah "Background Activity". Dalam status tersebut perangkat kalian akan melakukan update timeline dari aplikasi sosial media (seperti Twitter, Instagram dan lain - lain).

2. Batasi Background App Refresh

Kalian bisa membatasi akses sebuah aplikasi untuk mencegahnya mengambil konten dari luar sana, contohnya seperti timeline dari sosial media, pesan di aplikasi Mail dan lain - lannya. Dengan kalian membatasinya itu berarti bisa menghemat penggunaan baterai kalian, caranya Settings > General > Background App Refresh, setelah itu kalian tinggal nonaktifkan aja aplikasi mana aja yang kalian perbolehkan dan tidak perbolehkan untuk mengambil konten secara periodik.


3. Sesuaikan Pengaturan Location Services

Sekarang banyak aplikasi yang membutuhkan akses lokasi dimana penggunanya berada. Tapi, tahukah kalian jika hal tersebut dapat membuat baterai kalian boros. Kenapa? Karena saat kalian membuka aplikasi tersebut maka perangkat GPS kalian akan aktif dan tentunya membuat perangkat iOS kalian menjadi lebih boros.


Saran dari mimin adalah kalian buka Settings > Privacy > Location Services. Lalu, ubah semuanya menjadi "While using apps". Jika ada aplikasi yang menurut kalian tidak terlalu butuh akses lokasi kalian bisa kalian ubah ke "Never". Inget ya, jangan semuanya dimatikan karena jika kalian pengguna aktif Path tentunya memerlukan fitur ini, kalau tidak aplikasi tidak bisa mendeteksi lokasi kalian dimana dan hasilnya kalian ngga bisa update tempat kalian nongkrong sekarang.

4. Hard Reboot Perangkat iOS

Jika kalian merasakan perangkat iOS dalam keadaan tidak optimal, yang bisa kalian lakukan adalah melakukan Hard Reboot. Caranya sebagai berikut: Tekan tombol Home dan Lock secara bersamaan sampai layar perangkat mati dan logo Apple muncul kembali.

Istilah Reboot ada dua, yaitu Restart (Soft Reboot) dan Force Restart (Hard Reboot). Selengkapnya kalian bisa baca di halaman support https://support.apple.com/en-us/HT201559 untuk penjelasannya dan cara melakukannya.

5. Atur Kecerahan/Brightness Layar Perangkat iOS

Biasanya beberapa user membiarkan sistem dari iOS menyesuaikan kecerahan dari layar perangkat iOS berdasarkan kondisi dimana penggunanya berada, misalkan di luar ruangan maka akan lebih terang layarnya di bandingkan di dalam ruangan yang gelap. Tapi, terkadang dalam ruangan yang minim cahaya layar dari perangkat iOS lebih terang daripada sebelumnya.


Nah, untuk itu mimin sarankan untuk mematikan "Auto-Brightness" caranya: Settings > Display & Brightness. Lalu, Auto-Brightness nya di switch ke posisi Off. Sekarang cerah atau tidak layarnya layar kalian atur secara manual dan tentunya lebih sesuai dengan kebutuhan kalian toh.

6. Nonaktifkan Fitur Raise to Wake

Raise to Wake adalah fitur terbaru yang ada di iOS 10. Dengan fitur ini setiap kali kalian mengangkat perangkat iOS (yang mendukung fitur ini) dari bidang datar layar akan otomatis nyala, sehingga kalian tidak perlu menekan tombol Home/Touch ID ataupun Lock. Menurut mimin, kalian bisa menonaktifkan fitur ini untuk menghemat baterai perangkat iOS kalian.



7. Aktifkan Low Power Mode

Low Power Mode adalah fitur yang muncul pertama kali di iOS 9. Secara umum, ketika kalian mengaktifkan fitur ini maka perangkat iOS akan membatasi semua penggunaan jaringan dan fitur - fitur yang dapat mengkonsumsi baterai perangkat iOS lebih banyak tanpa mempengaruhi sistem. Untuk mengaktifkan fitur ini kalian bisa melakukan langkah berikut: Settings >  Battery > Switch ke ON dari Low Power Mode.



8. Gunakan Night Shift



Berbeda dengan Low Power Mode, Night Shift hadir dalam update iOS 9.3. Dengan fitur tersebut cahaya biru (blue light) dari layar akan berkurang sehingga membuat pengguna lebih nyaman menggunakan iPhone atau iPad nya. Walaupun tidak ada jaminan dapat mengurangi borosnya baterai perangkat iOS, tapi kalian bisa mencoba untuk mengaktifkan fitur ini caranya: Settings > Display & Brightness > Night Shift.

9. Reset All Settings

Meskipun bukan solusi terbaik, tapi kalian bisa mencoba untuk Reset semua pengaturan kalian. Tenang aja yang hilang hanya pengaturan saja kok, data dan aplikasi kalian masih tersimpan di perangkat iOS. Berikut adalah cara untuk melakukan Reset All Settings: Settings > General > Reset > Reset All Settings. Nanti kalian akan diminta Passcode kemudian ikut perintah selanjutnya dan perangkat akan secara otomatis melakukan reboot. Mohon di tunggu ya kakak.


10. Solusi Lainnya

A. Clean Install iOS 10
Jika semua tips di atas kalian sudah lakukan tapi masih boros juga baterainya. Mimin saranin untuk melakukan clean install iOS 10 di perangkat iOS kalian. Caranya bisa dilihat di artikel berikut Cara Install iOS 10 di iPhone, iPad dan iPod touch.

B. Downgrade ke iOS 9.3.5
"Ah iOS 10 kok boros ya?". Jika ada anggapan seperti itu dipikiran kalian, mungkin kalian bisa melakukan downgradde ke iOS 9.3.5. Untuk tutorial downgradenya nyusul ya. Masih belum mimin buat nih.

C. Bawa Ke Tempat Servis Apple Terpercaya
Jika semua solusi masih ngga ada efeknya buat kamu kalian bisa konsultasi ke tempat servis terpercaya seperti temen mimin si Macbiruni. Kalian bisa add akun LINE nya di @macbiruni, karena bisa aja masalah boros baterai yang kalian alami ini dikarenakan kondisi baterai kalian yang sudah tidak normal.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Apple Event,31,Apple HomeKit,1,Apple Pay,12,Apple TV,9,Apple Watch,61,Applenesian Story,1,Best Apps,11,Buyers Guide,1,Campaign,4,Compare,12,Discount iOS Apps,1,Downgrade iOS,8,Download iOS,4,Download Jailbreak Tool,3,iMac,6,iOS 10,18,iOS Apps,41,iOS News,81,iPad,22,iPhone,78,iPhone 7,24,iPod,2,Jailbreak iOS,20,Jailbreak News,25,Macbook,20,macOS,4,News,125,Paid to Free Apps,7,Pokemon Go,10,Promotion,1,Review,1,Samsung,12,SSH Blobs,4,Tips and Trick,42,Troubleshooting,37,Tutorial,58,Tweak Jailbreak,12,Upgrade iOS,13,Wallpaper,1,Watch Apps,2,watchOS,4,
ltr
item
Applenesian: 10 Tips Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 10
10 Tips Menghemat Penggunaan Baterai di iOS 10
https://2.bp.blogspot.com/-l9q3PUSgHmI/V94QxWdtbKI/AAAAAAAAHik/u5Phb-4XnKQfYlJN0A3-iNfygE06wxjzACLcB/s640/iOS-10-battery-issue.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-l9q3PUSgHmI/V94QxWdtbKI/AAAAAAAAHik/u5Phb-4XnKQfYlJN0A3-iNfygE06wxjzACLcB/s72-c/iOS-10-battery-issue.jpg
Applenesian
http://www.applenesian.com/2016/09/10-tips-menghemat-penggunaan-baterai-di-ios-10.html
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/
http://www.applenesian.com/2016/09/10-tips-menghemat-penggunaan-baterai-di-ios-10.html
true
7556057504832107625
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy