Selasa, 20 September 2016

Ahli Komputer Cambridge Berhasil Bobol Passcode iPhone

Masih ingat dengan perseteruan Apple dengan FBI? Perseteruan ini dimulai karena Apple menolak untuk memberikan informasi iPhone pelaku penyerangan San Bernadino pada tahun 2015 kepada FBI. Menariknya, FBI menawarkan hadiah jutaan dolar untuk siapapun yang bisa membobol iPhone 5c pelaku penyerangan.


Ternyata oh ternyata, seorang ahli komputer Cambridge berhasil membobol passcode iPhone hanya dengan sebuah alat seharga $100. What? FBI ngeluarin duit ampe jutaan dollar tapi ini orang bisa bobol dengan modal $100 doang?

Dalam sebuah video di Youtube yang telah di upload oleh Dr. Skorobogatov yang menunjukkan kalau ia berhasil mencopot chip NAND dan sebuah iPhone 5c, kemudian menggantinya dengan chip NAND yang telah berhasil di clone sama doi. Hasilnya? chip buatannya dapat mengubah nilai dari percobaan memasukkan passcode dari 10 menjadi 0. Itu berarti Dr. Skorobogatov bisa mencoba memasukkan kombinasi passcode berkali - kali tanpa khawatir iPhone akan terlock secara otomatis.

Mau tau berapa lama si Dr. Skorobogatov membobol passcode sebuah iPhone? Dengan alatnya ia mampu membobol passcode 4 digit selama 40 jam. Jika 6 digit kira - kira bisa ratusan jam. Oleh karena itu, Apple memberikan pilihan passcode 6 digit untuk alasan keamanan.

Kenapa passcode 6 digit lebih lama untuk dibobol? Karena tentunya kombinasi percobaan dari 6 digit lebih banyak dibandingkan hanya 4 digit.

Penasaran ga sih sama gimana demo si Dr. Skorobogatov yang berhasil ngebobol passcode iPhone 5c?
Sumber: BBC
Disqus Comments