Selasa, 27 September 2016

Apple Akan Gunakan Kembali Chip Grafis Milik Nvidia untuk Macnya?

Nvidia yang merupakan salah satu produsen chip grafis ternama di dunia ini memposting posisi pekerjaan (job listing) dan menariknya dari postingannya tersebut ada kaitannya dengan perusahaan teknologi raksasa dunia. Siapakah itu? (Udah ketauan min dari judulnya kali). Yap, Apple! Terus kaitannya dengan Apple apa?


Seperti yang kalian tahu saat ini perangkat Mac terbaru milik Apple menggunakan chip grafis milik Advanced Micro Device Inc. atau biasa kita sebut AMD (Gamer atau Computer Enthusiast pasti tau brand ini). Dari tiga postingan pekerjaan yang di publish oleh Nvidia menyebutkan kandidat akan diminta untuk membantu memproduksi produk Apple berikutnya ("produce the next revolutionary Apple products."). Lalu, untuk kandidat yang terpilih akan bekerja sebagai partner (rekan kerja) Apple untuk membuat software untuk chip grafis Nvidia kedepannya.

Saat ini Apple akan bekerja samaa dengan AMD, karena diperkirakan mereka masih akan menggunakan chip grafis AMD untuk membuat ulang MacBook Pro (beda hardware dan teknologi dengan versi lamanya).

Jika dibandingkan antar keduanya, Nvidia dengan arsitektur Pascal di chip grafisnya memberikan performa lebih baik dimana menggunakan daya tenaga yang minim dan tidak terlalu panas ketika digunakan dibandingkan AMD Polaris. Tentunya dengan keuntungan tersebut membuat Nvidia cocok untuk dipasangkan dengan MacBook dan perangkat Mac lainnya milik Apple.

Faktanya Nvidia memang menang di pasar chip grafis, namun chip terbaru milik AMD kini lebih banyak dipesan/digunakan di beberapa komputer. Jadi, siapa yang mampu menarik hati Apple tahun depan?

Sumber: Bloomberg
Disqus Comments