Rabu, 21 September 2016

Apple Rilis macOS Sierra dengan Siri, Apple Pay untuk Web dan Fitur Lainnya

Seperti yang sudah direncanakan oleh Apple dalam Apple Event 7 September kemarin, versi terbaru dari macOS miliknya dengan nama Sierra pada 20 September dan pertama kalinya Apple mengubah nama sistem operasi dari Mac dari yang sebelumnya adalah OS X kini menjadi macOS. Alasannya ya mungkin agar terlihat sama dengan line up sistem operasi buatannya seperti iOS, watchOS dan tvOS.


macOS Sierra ini memiliki fitur penting terbaru seperti Siri dan Apple Pay untuk Web. Selain itu ada fitur - fitur lainnya yang baru, sebagai berikut ini.

Siri



Asisten pribadi virtual milik Apple yaitu Siri, kini sudah bisa digunakan oleh pengguna macOS Sierra. Memang, sebelum kemunculannya di si 'Sierra' ini, Siri hanya bisa digunakan oleh pengguna iOS dan tvOS saja. Dengan Siri di macOS terbaru ini pengguna dapat mencari file dan informasi langsung dari perangkat Mac nya.

Apple Pay untuk Web



Dengan macOS Sierra kini pengguna Mac dapat bertransaksi secara aman dan cepat di merchant (toko online) yang menyediakan metode pembayaran melalui Apple Pay. Namun, kalian membutuhkan iPhone atau Apple Watch untuk memastikan atau konfirmasi kalau memang kalian benar yang melakukan transaksi tersebut.

Auto Unlock



Pengguna macOS Sierra kini dapat membuka kunci atau unlock dari perangkat Mac nya cukup dengan mendekatkan Apple Watch miliknya ke Mac. Voila! Magic happen.

Picture in Picture



Pengen ngerjain tugas sambil dengerin musik di Youtube? Terima kasih sama Apple, karena pengguna macOS Sierra kini bisa melakukan aktifitas yang dimaksud tadi berkat fitur Picture in Picture. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat memutar sebuah video dan memindahkannya ke 4 sudut dari desktop, tidak hanya itu ukurannya juga bisa disesuaikan.

Universal Clipboard



Kini kalian bisa mengcopy konten dari perangkat Mac ke perangkat iPhone atau iPad dan sebaliknya. Kok bisa? Karena fitur Universal Clipboard yang dimiliki oleh macOS Sierra ini.

Mau Coba Update ke macOS Sierra?

macOS Sierra dapat digunakan di perangkat berikut ini:

2009 dan terbaru
  • MacBook
  • iMac

2010 dan terbaru
  • MacBook Air
  • MacBook Pro
  • Mac Mini
  • Mac Pro

Jika perangkat Mac kalian ada di daftar seperti yang mimin kasih tau diatas. Bisa langsung cek App Store di Mac kalian lalu klik tab 'Updates' untuk memulai upgrade ke si Sierra ini. Good Luck!
Disqus Comments