Kamis, 22 September 2016

Cara Backup dan Restore File dari Mac Kamu dengan Time Machine

Jika kalian berencana untuk melakukan upgrade OS X atau macOS dari perangkat Mac. Salah satu hal yang pertama kalian lakukan adalah Backup data terlebih dahulu. Hal tersebut untuk mengurangi resiko yang muncul ketika proses upgrade gagal dan membuat data hilang.


Untuk melakukan backup atau restore data, kalian bisa menggunakan Time Machine yaitu software backup bawaan dari OS X (macOS). Software backup ini muncul pertama kali pada OS X 10.5 Leopard. Mimin tanya nih sekarang kalian nyadar ga sih kalau Time Machine ada di Mac kalian?

Bagaimana Cara Kerja Time Machine?

Time Machine merupakan solusi untuk pengguna Mac untuk backup dan restore data - datanya. Sebelumnya kalian membutuhkan media penyimpanan eksternal (hardisk eksternal) yang terhubung melalui USB, FireWire atau Thunderbolt dan Time Capsule yang terhubung dalam satu jaringan. Jadi, setiap kali kalian menghubungkan media penyimpanan eksternal ke Mac maka Time Machine bisa digunakan.

Ketika aktif, Time Machine akan melakukan backup file dan katalog ke hardisk eksternal atau Time Capsule secara periodik (per jam, per hari atau per minggu) sampai media penyimpanan eksternal penuh. Jangan khawatir ada backupan duplikat di hardisk kalian karena setiap ada file backup baru secara otomatis file backup lama akan di hapus secara otomatis.

Pengguna Mac bisa memfilter file dan katalog apa saja yang perlu untuk di backup. Caranya: System Preferences > Time Machine. Kemudian pilih Options, sekarang kalian tinggal pilih aja file dan katalog yang tidak ingin kalian backup.

Cara Backup Data di Mac dengan Time Machine

1. Dari menu Apple kalian pilih System Preferences.

2. Klik icon Time Machine.

3. Sekarang Aktifkan Time Machine dengan switch dari Off ke On.

4. Klik Select Backup Disk untuk memlih media penyimpanan yang akan digunakan untuk menyimpan file backupan nantinya.


Note: Pastikan hard drive eksternal atau Time Capsule yang kalian punya dalam posisi kosong ya, karena setelah ini hard drive akan di format ulang dan itu berarti data data yang ada sebelumnya akan hilang.

5. Time Machine akan melakukan prosedur format dari hard drive yang telah dipilih tadi dan proses backup akan dimulai kira - kira dalam waktu dua menit.


Cara Restore File di Mac dengan Time Machine

1. Dari menu Apple kalian pilih System Preferences.

2. Klik icon Time Machine.

3. Checklist dari Show Time Machine in menu bar dari chekbox.

4. Klik ikon Time Machine yang letaknya ada di deretan menu paling atas (kayak gini nih contohnya Time Machine icon) . Kemudian pilh Enter Time Machine.

5. Sekarang tinggal pilih file yang ingin kalian restore. Jika sudah pilih - pilihnya tekan Restore.


6. Time Machine akan mengembalikan file ke posisi seperti semula saat proses backup dilakukan sebelumnya.
Disqus Comments