Rabu, 21 September 2016

Wow! Komponen Hardware iPhone 7 Total Harganya Tidak Sampai $250

Kini iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sudah beredar di pasar dan tangan konsumen. Namun, hari ini muncul informasi mengenai harga komponen hardware iPhone 7 setelah di bongkar hardwarenya seperti yang dilaporkan oleh IHS Markit. Dalam laporannya mereka mengatakan kalau ada kenaikan harga komponen dibandingkan generasi iPhone sebelumnya. Lebih mahal $36 dibandingkan iPhone 6s


Menurut tabel yang dibuat oleh IHS terlihat harga komponen hardware keseluruhan yang ada di iPhone 7 32 GB hanya seharga $215.80 (harga sebelum dirakit, tes dan lain - lain). Setelah ditambahkan dengan biaya manufaktur (atau perakitan) harganya menjadi $220.80.

Ternyata oh ternyata, Apple membayar $26 untuk chip A10. IHS mengklaim kalau chipnya tersebut mempunyai enam core pada GPU nya. Lalu, untuk bagian kamera depan dan belakang harganya kurang dari $20 (tepatnya $19.90) itu untuk iPhone 7, lain halnya dengan iPhone 7 Plus karena menggunakan dual camera jadi harga komponennya sekitar $40. Uniknya, harga layar LCD berukuran 4.7 inch untuk iPhone 7 lebih mahal dibandingkan chip A10, yaitu seharga $39. Dari sekian banyak komponen yang terpasang, komponen yang paling murah dari iPhone 7 adalah baterainya yang harganya $2.50. Murah bet kan!

Detail rincian harga perkomponen hardware bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.


Pasti kalian bertanya - tanya kan kenapa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mahal banget harganya? Sini mimin kasih tau dulu biar kalian ngga salah paham. Harga estimasi yang dibuat oleh IHS Markit ini hanyalah dari sudut pandang mereka, bukan dari sudut pandang Apple. Mahalnya produk Apple dikarenakan mereka membutuhkan biaya riset dan pengembangan dari software miliknya, biaya marketing, biaya pengiriman, membayar paja, gaji karyawan dan faktor  - faktor lainnya yang membuat iPhone 7 tinggi harga jualnya. Apple sangat mementingkan kualitas produk buatannya.

Jadi, sudah paham toh kenapa harga iPhone 7 dan iPhone Plus nya jadi tinggi?

Oh iya, kemunculan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini berdampak besar dengan harga saham Apple karena minggu lalu saham Apple naik tajam karena produk iPhone terbaru mereka sangat laris dipasaran karena melebihi ekspektasi yang diperkirakan sebelum rilisnya produk ini.

Sumber: 9to5Mac
Disqus Comments