Minggu, 23 Oktober 2016

Duel Siri vs Google Assistant, Siapakah Pemenangnya?

Saat ini, perkembangan teknologi Artificial Intelligence atau biasa di sebut AI sedang berkembang dengan pesat. Contohnya adalah Apple (Siri) dan Microsoft (Cortana) yang memiliki asisten virtual berbasis AI yang dapat mempermudah penggunanya untuk bertanya film terbaru, mengatur jadwal meeting, menunjukkan arah jalan dan masih banyak lainnya.


By the way, Google belum lama ini merilis smartphone terbarunya yaitu Google Pixel dan Google Pixel XL. Tidak mau kalah dengan Apple dan Microsoft, Google tahun ini merilis asisten virtualnya yaitu Google Assistant (sering banget muncul di TV) yang dapat digunakan oleh pengguna Google Pixel dan Google Pixel XL. Kemunculannya ini membuat orang - orang bertanya seberapa pintarkah asistan virtual milik Google?

Seorang Youtuber bernama Marquees Brownlee (bukan pembalap Moto GP loh ya) membandingkan Siri dengan Google Assistant untuk mengetahui seberapa responsif dan siapa yang lebih memberikan informasi relevan dari semua pertanyaan yang di ajukan oleh si om Marquees ini. Penasaran mau tau? Yuk di simak..
Oops.. Dalam video di atas ternyata Siri tidak bisa menjawab pertanyaan "who is the president of United States". lain halnya dengan Google Assistant yang langsung menyebut Barrack Obama. Namun, ketika ditanya saham Tesla saat ini Siri memberikan informasi lebih detail dibandingkan Google Assistant.

Menurut kalian gimana? Apakah Google Assistant lebih baik dibandingkan Siri? Jika kalian lihat video diatas, Google Assistant langsung menyebutkan informasi ketika ditanya film Guardian of The Galaxy dibandingkan informasi dari Siri yang harus di klik terlebih dahulu. Selain itu, Google Assistant lebih baik dalam menjawab pertanyaan karena ia akan mempelajari pertanyaan penggunanya.

Opini mimin siapa yang lebih baik antara Siri dan Google Assistant adalah kedua - duanya sama baiknya karena susah untuk membandingkan keduanya. Masing - masing memiliki kelebihannya masing - masing. Jadi, mimin bisa bilang hasilnya Seri lah ya.

So, kira - kira menurut kalian gimana? Apakah Siri lebih baik dibandingkan Google Assistant? atau Google Assistant lebih baik dibandingkan Siri?
Disqus Comments