Rabu, 05 Oktober 2016

Google Perkenalkan Smartphone Terbarunya, Pixel dan Pixel XL

Google telah resmi memperkenalkan smartphone terbarunya Pixel dan Pixel XL. Dengan kehadiran kedua smartphonenya tersebut membuat Google sepertinya ingin ikut bergabung dalam kerasnya dunia per-smartphonenan. Kedepannya, Google akan mulai melakukan riset dan pengembangan untuk desain dan hardware perangkat miliknya tersebut.


Pertanyaannya adalah apa saja fitur dan hardware apa yang digunakan di Pixel dan Pixel XL?

Body



Pixel dan Pixel XL Google menggunakan material alumunium aerospace-grade (special grade loh ya, nanti dikira sirup). Untuk dibagian depan dan belakang perangkat handset ini menggunakan Corning Gorilla Glass 4. Kemudian, dibagian belakangnya Google menambahkan fingerprint seperti yang ada di Nexus. Selain untuk membuka kuncil (unlock device), fingerprint ini dapat digunakan untuk membuka notifikasi secara cepat dengan sekali sentuhan. Hanjay.

Kamera

Saat diperkenalkan, Google menyebut Pixel memiliki kamera beresolusi 12.3 MP dengan aperture f/2.0 dan piksel yang besar 1.55u. DXoRank memberikan rating 89 untuk kamera smartphone besutan Google ini. Kemudian untuk membantu kamera cepat fokus dari objek yang di tangkap, Pixel di lengkapi dengan fitur PDAF dan LaserAF. Sayangnya, Pixel tidak memiliki OIS tapi digantikan dengan EIS yang memiliki fungsi yang sama, mungkin lebih baik.


Percuma jika hardware mumpuni tapi Software ngga mumpunikan? Dalam Pixel dan Pixel XL ini Google memperbarui aplikasi Google Cameranya yang kini memiliki fitur Smartburst yang secara otomatis akan memilih hasil gambar terbaik dari foto quick-burst. Selain itu, terdapat fitur HDR+ untuk meningkatkan kualitas foto low-light (minim cahaya) dan kerennya lagi dengan fitur tersebut membuat kamera handset ini terbebas dari shutter lag.

Hardware

Ini nih bagian seru dan paling ditunggu - tunggu. Pixel dan Pixel XL menggunakan chip Qualcomm's Snapdragon 821 dengan prosesor Quad core bertenaga 2.15 GHz. Kemudian dari sisi GPU menggunakan Adreno 540 dan RAM 4 GB (multitasking makin lebih OK). Tidak seperti iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Pixel dan Pixel XL mempunyai jack headphone 3.5 mm. Pilihan kapasitas yang tersedia untuk handset ini adalah 32 GB dan 128 GB.

Software

Tentunya Google akan menggunakan sistem operasi Android terbaru versi 7.0 (Nougat) untuk Pixel dan Pixel XL dengan built-in Google Assistant yang katanya lebih pintar dan efisien di bandingkan Google Now. Yaaa ketika kalian menggunakan handset terbaru Google ini kalian akan memiliki asisten virtual pribadi yang selalu menemani kapanpun dan dimanapun. 

Apple = Siri, Google = Google Assistant, dan Microsoft = Cortana. Who is next?


Warna



Pixel dan Pixel XL memiliki 3 warna: Quite Black, Very Silver dan warna Really Blue yang eksklusif.

Harga

Saat ini Pixel dan Pixel XL baru memasuki pre-order di beberapa wilayah antara lain adalah Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Kanada dan Australia. Tanggal 20 Oktober baru bisa di beli di retail store. Untuk harganya, Pixel dibanderol mulai dari $649 sedangkan Pixel XL mulai dari $769. Harganya cukup bersaing ya sama iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.
Disqus Comments