Minggu, 06 November 2016

KGI: Apple Mungkin Tidak Merilis iPhone SE Terbaru Tahun 2017

Ming-Chi Kuo, seorang analis dari KGI telah merilis hasil prediksinya tentang penjualan iPhone dtahun 2017. Menurut Kuo, dalam kuartal pertama tahun 2017 Apple akan berhasil menjual 40 - 50 juta unit iPhone. Jumlah tersebut terbilang menurun, sekarang yang jadi pertanyaan adalah kenapa hal tersebut bisa terjadi?


Hal tersebut ternyata dikarenakan melemahnya minat beli iPhone dengan layar 4.7 inch dan pangsa pasar Apple di Tiongkok yang menurun juga. Kemudian, Kuo bilang kalau tahun depan nanti Apple diperkirakan tidak merilis iPhone SE terbaru untuk menghindari kanibalisasi dari iPhone kelas high mereka. Menariknya, tidak adanya iPhone SE terbaru berpengaruh dengan penurunan penjualan iPhone pada kuartal kedua tahun 2017 sehingga Kuo beranggapan kalau penjualan iPhone di tahun depan sekitar 30 - 40 juta unit, padahal jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan diperiode yang sama penjualan iPhone itu berjumlah 40,2 juta unit.

Jika prediksi si Kuo ini benar, itu berarti Apple akan memaksa supplier untuk mengurangi harga komponen sehingga keuntungan marginnya tetap aman terkendali. Namun, permasalahannya adalah Samsung selaku supplier dari 3GB DRAM dan 3D NAND flash akan menaikkan harga komponen dikarenakan keterbatasan jumlah unit DRAM di pasar. Kemudian untuk TSMC tidak mengalami pengaruh pemangkasan harga oleh Apple.

Sumber: 9to5Mac
Disqus Comments