Minggu, 06 November 2016

PickPocket, Bantu iPhone Kamu Tetap Aman Ketika Dicuri

Hal yang paling membuat kita frustasi adalah tahu kalau iPhone yang dimiliki berpindah tangan ke pencuri. Walaupun saat ini Apple memberikan sebuah fitur yang dapat digunakan dalam kasus iPhone di curi yang bernama Find My iPhone. Fitur tersebut dapat digunakan untuk mengaktifkan Lost Mode, Erase Phone, dan Play Sound. Namun, permasalahannya adalah fitur tersebut dapat digunakan ketika iPhone terhubung dengan koneksi internet.


Jika saat ini kalian menggunakan iPhone yang sudah di jailbreak, kalian bisa mencoba tweak jailbreak terbaru bernama PickPocket. Tweak jailbreak ini dapat membantu kalian untuk mengamankan data - data di iPhone dan membuat si pencuri bingung dengan kondisi iPhone kalian. Mantepnya lagi guys, semua fitur di PickPocket ini sifatnya Offline (Tidak membutuhkan koneksi internet).

Sebelum membahas lebih jauh dari PickPocket. Yuk, ketahui terlebih dahulu fitur - fitur dari PickPocket ini.
  • Disable Airplane Mode
  • Keep your iPhone turned on until the last bit of battery is drained
  • Simulate hard reset
  • Display contact information on Lock screen
  • Remotely control your iPhone via SMS
  • Prevent your iPhone from being switched off
  • Automatically play an alarm if SIM card is removed
  • Automatically play an alarm if the password is entered incorrectly after certain number of attempts

Oke, sekarang kita bahas satu persatu ya dari fitur yang ada di PickPocket ini

Airplane Mode

Salah satu yang dilakukan pencuri yang bisa dibilang pintar adalah mengaktifkan Airplane Mode dari iPhone yang dicuri sehingga pemiliknya tidak bisa melakukan tracking location dimana iPhone nya berada.

Tapi tenang, PickPocket akan memblock akses pencuri untuk mengaktifkan Airplane Mode dan akan mengirimkan SMS atau Email ketika si pencuri ini mencoba untuk mengaktifkan Airplane Mode melalui Control Center.

Automatic Shutdown

Umumnya, iPhone akan secara otomatis mati (turn off) saat baterai dalam keadaan low. Next thing yang bisa dilakukan oleh tweak ini adalah pemilik dapat memilih action ketika iPhone dalam keadaan low battery.

Pilhan kesatu adalah Stay On, dengan fitur ini iPhone akan menghabiskan sisa daya dari baterai sampai benar - benar habis lalu turn off. Kemudian, pilihan kedua adalah menggunakan Fake Shutdown. Kedua fitur ini, akan secara otomatis mengirimkan pemberitahuan action yang terjadi melalui SMS atau Email.

Fake Hard Reset

PickPocket memiliki fitur Fake Hard Reset ketika si pencuri melakukan prosedur hard reset dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan sealam 4 detik. Setelah itu iPhone akan mati/turn off dan menjadi unresponsive sehingga seakan - akan hard reset sudah dilakukan.

Ternyata iPhone kalian tidak benar - benar melakukan hard reset loh. Tweak ini sudah berhasil mengelabuti pencuri yang bisa dibilang pintar tapi bodoh (bingungkan tuh maksudnya gimana). Setelah itu, iPhone akan mengirimkan SMS dan Email notifikasi kalau si pencuri melakukan Hard Reset 'boong-boongan'.

Lockscreen Information

Dengan fitur ini, kalian bisa mencantumkan data diri (nama dan alamat) yang nantinya ditampilkan dalam lockscreen. Sehingga jika ada seseorang yang baik menemukan iPhone yang dicuri dapat mengembalikan kepada si pemilik iPhone.

Remote Action

Dengan fitur ini si pemilik iPhone yang di curi dapat membuat pencuri kapok. Kok bisa? PickPocket memiliki kemampuan kontrol jarak jauh untuk mengcapture foto dari kamera depan dan belakang, membunyikan suara alarm dengan kencang, atau berkata sesuatu kepada si pencuri. Tentunya dengan hal ini pencuri akan merasa bingung atau bahkan menganggap iPhone kalian berhantu.

Sebenernya masih banyak lagi yang dapat  dilakukan pada sesi ini. Semua fitur yang ada di Remote Action ini dapat di trigger melalui SMS dengan mengetikkan keyword yang bisa di kustom. Jadi, ketika di curi pemilik iPhone cukup mengirimkan SMS berisi keyword ke iPhone nya.

Shutdown

Biasanya selain melakukan Hard Reset, pencuri akan mematikan iPhone yang telah berhasil di curinya. Namun, hal ini bisa dicegah dengan fitur ini. Cara kerjanya begini, misalkan pencuri ini mencoba untuk mematikan iPhone maka akan diminta untuk memasukkan Password atau verifikasi menggunakan Touch ID. Jadi, lebih aman toh..

SIM Card Pulled

Jika sudah tidak bisa mematikan iPhonenya, pencuri yang pintar akan mencoba untuk melepas kartu SIM. Nah, dengan PickPocket hal itu tidak akan dibiarkan terjadi karena ketika di lepas SIM card dari iPhone maka alarm akan berbunyi dan akan membuat pencuri panik. Tentunya pemilik iPhone yang di curi akan mendapatkan notifikasi melaui SMS atau Email.

Unlock Options

Hal terakhir dari kemampuan PickPocket ini adalah ketika si pencuri mencoba - coba memasukkan passcode untuk membuka iPhone dalam rentang jumlah percobaan tertentu. Jika sudah mencapai limit yang sudah di atur sebelumnya oleh pemilik iPhone maka secara otomatis akan mengcapture gambar dari kamera depan & belakang dan membunyikan alarm.

Catatan: Menurut mimin tweak jailbrek PickPocket ini akan membuat iPhone kalian lebih aman dalam case dicuri. Untuk lebih aman kalian dapat menggabungkan proteksi yang diberikan oleh Find My iPhone (proteksi saat Online) dengan PickPocket (proteksi saat Offline) ini.

Jika kalian tertarik untuk menggunakan tweak ini bisa di download di Cydia dari BigBoss repository seharga $1.99.

Keep safe guys! Jangan lengah dimanapun dan selalu tempatkan iPhone di tempat yang terawasi oleh kalian. Hindari menaruh iPhone di kantong belakang celana ya, karena sekarang udah canggih pencuri sekarang.
Disqus Comments