Rabu, 02 November 2016

Wih, New Macbook Pro Punya SSD Tercepat di Kelasnya

Apple belum lama ini memperkenalkan New Macbook Pro dengan OLED Touch Bar dan Touch ID. Selain teknologi terbarunya, Apple dilaporkan meningkatkan kecepatan akses dari SSD di Macbook Pro terbarunya. 


SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive, berbeda dengan hardisk konvensional yang saat ini digunakan oleh Komputer atau Laptop pada umumnya yang masih menggunakan piringan sedangkan SSD bentuknya hanya seperti chip flash storage. Perbedaan selanjutnya adalah SSD memberikan speed lebih cepat namun memiliki umur yang lebih sedikit dibandingkan hardisk konvensional.

Nah, menurut Computer World, SSD milik New Macbook Pro adalah yang paling tercepat di kelasnya (Laptop yang sama - sama menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya). Kembali ke tahun 2015 dimana Apple me-refresh Macbook Pro yang menggunakan SSD dengan kecepatan read 1.6 GBps dan kecepatan write 1.5 GBps.

Berdasarkan benchmark test yang dilakukan oleh mereka menggunakan software Blackmagic hasilnya adalah New Macbook Pro 13 inch ternyata memiliki kecepatan akses lebih dari 1,4 GBps (read) dan 1.3 GBps (write).

Spesifikasi New Macbook Pro 13 inch diklaim memiliki kecepatan akses SSD sebesar 3.1 GBps (read) dan 2.1GBps (write). Sedangkan untuk versi 15 inch kecepatan akses writenya sebesar 2.2 GBps tapi kecepatan akses readnya masih tetap sama. Itu berarti secara tidak langsung Macbook Pro Terbaru sudah mengalahkan versi sebelumnya.
The 2016 13-in. MacBook Pro’s specs claim it has sequential read/write speeds of 3.1Gbps and 2.1Gbps per second, respectively. The new 15-in MacBook Pro ups the write speeds to 2.2Gbps, while the reads remain the same as the 13-in.”
Kedua Macbook Pro terbaru ini memiliki tier (tingkatan) kapasitas penyimpanan berbeda. Untuk versi 13 inch pilihan storagenya dimulai dari 256 GB, 512 GB dan 1 TB. Sedangkan, untuk yang 15 inch mulai dari 256 GB, 512 GB, 1 TB dan 2 TB. Lumayan kan tuh gede kapasitasnya buat simpen drama Korea ampe berbusa.

Sekarang, logikanya adalah semakin besar kapasitas yang dipilih makan semakin mahal juga harga Macbooknya. Disarankan sama mimin pilih berdasarkan hati nurani (lu kira milih jodoh min). Stay young ya guys!

SumberComputer World
Disqus Comments