Minggu, 04 Desember 2016

Wah, Orang Ini Ternyata Temukan Cara Baru untuk Bypass iCloud Activation Lock


Salah satu keuntungan yang diberikan oleh Apple saat kalian membeli iPhone, iPad, iPod Touch atau Apple Watch adalah fitur keamanannya. Contohnya adalah iCloud Activation Lock. Fitur ini memungkinkan kalian mengunci iPhone (atau perangkat Apple lainnya) secara jarak jauh saat iPhone kalian berpindah tangan ke orang yang tidak bertanggung jawab. Ketika Activation Lock ini aktif maka secara otomatis iPhone akan terkunci ketika si pencuri mencoba untuk melakukan restore ulang iPhone melalui iTunes.

Mungkin kalian pernah mendengar bypass Activation Lock ini di forum - forum internet. Ya, memang waktu dulu bisa dilakukan. Namun, saat ini sepertinya sudah semakin susah. Akan tetapi guys, Hemant Joseph seorang mahasiwa teknik mesin di India berhasil mempraktekkan cara baru untuk mem-bypass Activation Lock. Sekarang pertanyaannya adalah, Bagaimana cara Hemant Joseph melakukannya?

Ia ternyata memanfaatkan lack of character atau bisa dibilang kelemahan dari jumlah karakter penginputan di bagian Name, Username dan Password saat Apple meminta username dan password untuk menonaktifkan Activation Lock ini. Jadi, prosedurnya adalah dia memasukkan karakter sebanyak - banyaknya sehingga dapat menyebabkan crash dalam layer iCloud. Sampai akhirnya ia berhasil melakukan bypass Activation Lock dari iPad yang di belinya dari eBay.


Saat ini Hemant Joseph telah melaporkan bug ini kepada Apple dan pihak Apple telah merespon laporannya dan akan menghadirkan fix (perbaikan) bug tersebut. Belum tahu sih apakah si Joseph mendapatkan bayaran atas laporannya ini karena bug ini sifatnya adalah critical (kritis). Jadi, harus cepat diperbaiki.

Sebelumnya, Hemant Joseph pernah mendapatkan $7.500 dari Google karena telah melaporkan celah dari Google Cloud Platform milik mereka. Selain itu ia juga menjadi terdaftar dalam Hall of Fame dari perusahaan teknologi dunia, seperti Yahoo!, AT&T, Microsoft, Twitter, Barracuda Labs, Nokia, Blackberry dan lain - lain karena laporan celah keamanan yang ditemukan oleh nya.

Sumber: Hemant Joseph
Disqus Comments